Sabtu, 08 Februari 2020

Pengalaman Bayar Pajak Kendaraan di Samsat PS Mall Palembang

Daftar Isi :

  1. Jam Operasi Samsat Corner PS Mall Palembang
  2. Syarat-syarat Pembayaran Pajak
  3. Tata Cara Pembayaran Pajak di Samsat Corner PS Mall Palembang
  4. Pengalaman Saya Membayar Pajak

Samsat Corner PS Mall Palembang, Samsat Ps Mall Palembang
Antrian wajib pajak kendaraan di Samsat Corner PS Mall Palembang (doc. Pribadi/Lim Suandi)

Sebenarnya ini bukanlah pengalaman pertama membayar pajak kendaraan di Palembang Square Mall, lebih tepat ini merupakan pengalaman kedua membayar pajak STNK motor. Meskipun tahun sebelumnya pernah melakukan pembayaran pajak di Samsat Corner PS Mall, tetap saja saya lupa dan khilaf. Seiring berjalannya waktu saya pikir perlunya untuk dibuatkan menjadi tulisan. Mengingat saya sendiri terkadang lupa alur pembayaran serta lupa posisi Samsat Corner di PS Mall.

Jelas perlunya dibuatkan tulisan untuk ini, mengingat saya tersesat dan lupa posisinya. Bingung Samsat Corner berada di lantai berapa? Sampai harus membuka google maps,  itupun masih kewalahan karena berputar-putar.


Jam Operasi Samsat Corner PS Mall Palembang

Jam Operasional Samsat Corner PS Mall Palembang
Jam Operasional Samsat Corner PS Mall Palembang (doc. Pribadi/Lim Suandi)

Berdasarkan jam operasional, Samsat Corner PS Mall buka dari hari Senin hingg Sabtu. Namun ada pengecualian pada hari Jumat, Tutup lebih awal karena ibadah. Sedangkan pada hari Sabtu hanya dibuka dari jam 10.00 WIB sampai pukul 11.30 WIB.



Syarat-syarat Pembayaran Pajak

Berikut merupakan syarat yang harus dibawa ketika akan melakukan pembayaran pajak:

  1. Membawa STNK asli (Tolong plastik STNKnya dibuka dan disimpan dulu)
  2. Membawa E-KTP asli yang nama dan alamatnya sesuai dengan yang tertera di STNK (Untuk yang belum memiliki E-KTP bisa membawa KTP sementara dari Dukcapil dan KK asli)
  3. Jika diwakilkan harap membawa surat kuasa dari pemilik STNK kepada yang diwakilkan
  4. Untuk STNK atas nama perusahaan diharapkan membawa fotokopi SIUP dan surat kuasa
  5. Untuk STNK atas nama pemerintahan diharapkan membawa surat keterangan dan surat kuasa
  6. Untuk proses 5 tahun ganti STNK dan plat tidak dapat dilakukan di Samsat Corner manapun, hanya dapat dilakukan ke samsat pusat di Jl. Arivai
  7. Mohon antri dan bersabar.
Pada kasus yang saya alami saat membayar pajak STNK motor atas nama saudara kandung. Tidak perlu lagi membawa surat kuasa sebagai perwakilan untuk membayar pajak. Karena menurut saya, ketika kita sudah membawa KTP Asli seseorang sudah cukup mewakilkan. Sehingga tidak perlu lagi surat kuasa bermaterai. Pihak petugas pastilah sudah memberikan kemudahan, mereka akan percaya karena yang dibawak adalah E-KTP asli saudara saya.



Kondisi STNK sebelum dilakukan pembayaran di Samsat Corner PS Mall Palembang (doc. Pribadi/Lim Suandi)
Kondisi STNK sebelum dilakukan pembayaran di Samsat Corner PS Mall Palembang (doc. Pribadi/Lim Suandi)



Tata Cara Pembayaran Pajak di Samsat Corner PS Mall Palembang

Sebelum melakukan pembayaran, alangkah baiknya wajib pajak membawa lengkap syarat yang diwajibkan tersebut. Siapa tau karena lupa memasukan KTP ke tas atau dompet jadi batal bayar pajak. Mana lokasi kamu dari rumah cukup jauh. Al hasil bukannya bayar pajak kamu malah belanja dan habislah duitnya. Langsung saja nih, berikut tata cara kamu membayar pajak di Samsat Corner PS Mall Palembang:

  1. Pastikan kamu datang lebih awal jika ingin menjadi orang pertama yang dilayani pembayaran pajak.
  2. Perlu diingat bahwa Samsat Corner ini berada di PS Mall Palembang di lantai 2.
  3. Ketika sudah sampai, tepat di depan Samsat Corner dan sudah masuk ke loket pendaftaran. Pastikan kamu memberikan KTP asli dan STNK asli sebagai Formulir pendaftaran.
  4. Tinggalkan saja STNK dan KTP Asli kamu, silakan mencari tempat duduk atau berdiri diluar jika kursi yang tersedia sudah terisi penuh.
  5. Cukup menunggu 5 menit saja, nama kamu (pemilik E-KTP) akan di panggil. Oh iya, kamu hanya bisa mengambil KTP Asli saat dipanggil. Karena KTP tersebut digunakan untuk registrasi pendaftaran. Mudah bukan? Karena tak perlu mengisi form pendaftaran, karena semua dilakukan oleh petugas.
  6. Silakan ambil KTP kamu yang sudah diberikan, silakan duduk atau kembali ke tempat kamu berdiri dan kembali menunggu sekitar 10 menit sampai kamu di panggil kembali. (Usahakan berdiri diluar dan tidak menghalangi pintu dan jalan masuk)
  7. Yeah, akhirnya nama kamu di panggil. Pemanggilan kali ini merupakan proses pembayaran biaya pajak STNK dan denda (jika kamu telat bayar)
  8. Kembali ke tempat duduk dan menunggu 10 menit.
  9. Kemudian setelah selesai membayar dan menunggu 10 menit, nama kamu atau nama pemilik STNK akan di panggil untuk mengambil STNK terbaru yang telah di cetak.
  10. SELESAI. Selamat STNK kamu sudah dibayar pajaknya. (mudahnya bayar pajak di Samsat Corner PS Mall Palembang).


Pengalaman Saya Membayar Pajak

Kondisi STNK setelah dilakukan pembayaran di Samsat Corner PS Mall Palembang (doc. Pribadi/Lim Suandi)
Kondisi STNK setelah dilakukan pembayaran di Samsat Corner PS Mall Palembang (doc. Pribadi/Lim Suandi)

Sebenarnya bayar pajak itu sangatlah mudah dan prosesnya tidak ribet. Karena hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit-an saja. Bisa lebih cepat? Bisa dong jika kamu datang pagi atau yang sedang antri sedikit.

Saat datang ke PS Mall Palembang saya sangatlah percaya diri loh, secara hari tersebut mau bayar pajak. Meskipun sebenarnya telat bayar beberapa bulan. Ya, setidaknya saya membayar pajak karena sadar wajib pajak itu penting loh. sebenarnya juga dengan alasan demi menghindari tilang juga nih.

Berkeliling PS Mall dan bingung, nyali mulai menciut. Saya bingung di mana lokasi Samsat Corner PS Mall Palembang. Dari pertama datang muter muter di lantai satu, lantai 2 dan lantai 3 kok belum ketemu. Muter muter lagi kok masih belum ketemu. Eh ketemu keamanan tapi malu ah bertanya dan gengsi juga mau bertanya. Akhirnya aku buka google maps dong. Alhamdullillah muncul di maps, tapi tetap muter dan tidak ketemu loh. Padahal di maps saya sudah di lokasinya.

Akhirnya tetap mencari petugas keamanan dan bertanya. Akhirnya tetap bertanya juga nih. Benar ya istilah "Malu bertanya sesat di jalan" tersebut. Ternyata Samsat Corner PS Mall ada di lantai dua, tepatnya di depan Sport Station (Sepatu olahraga). Halah, sok-sok dan gengsi tidak mau bertanya, akhirnya malah bertanya. Kan salah dibuat sendiri, menghabiskan tenaga 15 menit berkeliling sampai ngos-ngos.

Selama mengantri pembayaran pajak STNK di Samsat Corner PS Mall Palembang ini, kamu nggak perlu khawatir akan tersalip. Karena orang-orang yang antri pada baik bangetlah. Mereka bakal bantu petugas panggil nama-nama wajib pajak.

Samsat Corner PS Mall Palembang, Samsat Ps Mall Palembang
Antrian wajib pajak kendaraan di Samsat Corner PS Mall Palembang (doc. Pribadi/Lim Suandi)


Kasusnya begini: ada bapak Namanya Lim, lagi bengong melamun dan main HP selama antri. 5 menit kemudian Namanya di panggil dan Lim kagak kedengaran karena lagi asyik lihat video Tik-Tok. Lantas beberapa para wajib pajak yang antre akan bantu panggil dan bilang “Ada nama Lim? Lim? Lim?”. Baik bangetkan mereka, nggak mau mendahului dan saling mengingatkan kalau di panggil petugas.

Saya sendiri tergolong telat 3 atau 4 bulanlah bayar pajak. Harusnya membayar tepat pada tanggal 14 November 2019, namun saya melakukan pembayaran pada 6 Februari 2020. Bisa dihitung sendiri telat berapa bulan ya. Sepertinya kasus tahun lalu juga telat di waktu yang sama.

Total pembayaran serta denda yang saya harus bayarkan selama waktu tersebut berjumlah 248ribu rupiah. Saya memberikan sejumlah uang 250ribu, siapa sangka kembali 2ribu loh. Kan lumayan bisa beli minum dingin. Setidaknya waktu yang diperlukan untuk melakukan pembayaran pajak kurang lebih 30menitan. Waktu yang lumayan singkat dengan pelayanan yang tidak ribet loh.

Bagi teman-teman yang masih bingung dan ingin bertanya ataupun membagikan pengalaman kalian membayar bajak yang ribet ataupun berbelit. Boleh bertanya dan membagikan pengalamannya di kolom kementar. Terima kasih dan budayakan memberi jejak.
Previous Post
Next Post

23 komentar:

  1. Gak ngeh kalau di PS ada. Ternyata di lantai 2. Aku biasa yang di OPI mall hehe dan seneng sekarang bayar pajak lesspaper. Lebih praktis!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah loh, kan udah nyaman bayar di Opi Omnduut. Bener banget ya seneng itu sama halnyang lesspaper, karena di Samsat Corner PS Mall tidak perlu lagi loh copy KTP dan STNK. Kalau di OPI masih wajib fotocopy tuh. Sempat mau urus kesana, tapi batal pas mau fotocopy lupa Bawak KTP.

      Hapus
  2. Bermanfaat nih, pengen dicoba pengalaman Lim. Saya pernah bayar yang di kantor samsat di dekat DPRD, ketika itu memang ribet dan lama. Semoga sudah ada perbaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo umek, sekali cobalah. Sekalian belanjo di PS. Eh Iyo semoga lah berubah pelayanan jadi lebih baik.

      Hapus
  3. Aku juga baru memperbarui Pajak 5 tahunan kendaraan, tapi di Samsat Rivai. Datang pagi sekitar jam 8, selesai jam 12. Waktu habis setengah harian :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mungkin beda kalau bayar pajak perbaharuan 5 tahun ya mbak. Lama juga itu sampai nunggu dari jam 8 sampai jam 12. Apa mungkin karena yang antre juga banyak. Jadi lama ya.

      Hapus
  4. Aku kapok bayar pajak di Mall.Tahun lalu aku ngarntri dari jam 7.30 pagi di samsat Palembang indah Mall.Pas jam 9.30 petugas datang ngomong ado gangguan teknis.Kami di suruh k A.Rivai.Sampe di A.Rivai la dapet no 200an.Akhirnya kepalang tanggung ,aku tungguin jugo.Eh beres urusan sudah jam 3 sore.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah beda pengalaman jadinya ini samo ibu. Apa mungkin karena lagi gangguan saja, kalau dak gangguan pasti cepat. Seharian full itu, kalau selesai jam 3 sore. Semoga selanjutnya bisa cepat ibu.

      Hapus
  5. Ternyata bayar pajak bisa di mall. Mungkin ini sebagai salah satu cara memangkas rasa malas orang bayar pajak ya, sekaligus mengingatkan akan kewajibannya. Aku sendiri belom pernah bayar pajak kendaraan, karena belom punya kendaraan gituu. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya biar banyak alternatif untuk lokasi pembayaran yang dirasa dekat dan mudah di jangkau Masyarakat terdekat.

      Wah sama dong, ini bayar kendaraan kakak saya sih. Makanya ada kendaraan.

      Hapus
  6. Bayar pajak kendaraan bermotor di OPI Mall lantai 2 cuma 10 sampai 15 menit, bahkan kalo lagi sepi cuma 5 menit. Tapi itu dulu, sekarang sudah tutup. Walhasil, bayar pajaknya di samsat 2, kompleks OPI Mall. Rame dan bisa 30 menitan sama kayak samsat corner PS berarti 🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh Iyo dulu di lantai 2. Pas dak lagi buka di lantai 2 malah bingung aku, pindah kemano ini. Setelah setahun berlalu baru sadar ada di komplek sebelah. Tapi Samsat opi kudu fotokopi berkas yang sebenarnya buang buang kertas.

      Hapus
  7. wah thanks lim sudah diingatan. kayaknya motorku juga udah abis masa pajaknya nih. Artikel ini bermanfaat banget bagi yang pengen bayar pajak.

    BalasHapus
  8. Terima kasih sudah berbagi info bermanfaat, Lim... Belum pernah coba ini 😹😹

    Next coba ah ...deket inilah PS 😹😹😹

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak di coba, bisa sekalian selesai langsung belanja.

      Hapus
  9. Gimana kalau telatnya tahunan ya? Apa bisa bayar di sana? Kalau pajak mobil bisa gak?

    BalasHapus
  10. Warga negara idaman. Taat bayar pajak😀

    Bolehlah nanti dicoba-coba bayarnya ke PS aja hehe

    BalasHapus
  11. sering ngiteri ps tapi ga ngeh kalo si samsat ada di sini, padahal udah lama, terbukti bukan pengalaman pertama kk lim bayar di sini, jadi kalo pas lg ngemall keinget belum bayar pajak, bisa sekalian di satu tempat nih. makasih kk infonya, manfaat :)

    BalasHapus
  12. Aku kira di PTC aja yang ada samsat cornernya. Di ps juga ada ya ternyata. Makasih ya ka infonya

    BalasHapus
  13. Aku seneng bayar di PTC sebelum yang di dalam akhirnya ditutup. :"( Jadi di PTC sekarang di luar aja. Sering liat di PS bingung caranya. Informasi bermanfaat kalau lain kali mau bayar di mall hahahah

    BalasHapus
  14. Baru tau nih bisa bayar pajak di mall hehehe, bisa bayar pajak sambil jalan-jalan, mkasih infonya sangat membantu

    BalasHapus
  15. Baru tau nih bisa bayar pajak di mall hehehe, bisa bayar pajak sambil jalan-jalan, mkasih infonya sangat membantu

    BalasHapus
  16. Wah, asyik ya bayar pajak sekarang ga perlu khusus antre ribet ke kantor samsat. Sudah tersedia samsat corner dalam mall gini juga. Kalo di kabupaten sini udah ada mobil samsat keliling aja udah hepi walopun antrenya berjejal hehe

    BalasHapus