5 Perbedaan Unsri Indralaya dan Bukit

Lim Suandi Blog,- Kepada para membaca yang mungkin tersesat, mampir di blog ini karena mencari informasi “Perbedaan Unsri Indralaya dan Bukit”. Saya ucapkan terima kasih karena sudah mengklik tulisan ini. Saya harapkan pembaca meninggalkan jejak, dengan cara berkomentar dibawah, agar saya merasa sangat senang karena tulisan ini dapat memberikan informasi yang kalian butuhkan.

Gedung BAAK Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya
Kampus Unsri Indralaya (Sumber: istimewah)


Sepenuhnya tulisan ini akan saya dedikasikan kepada para pembaca, terutama mahasiswa baru yang sedang mencari informasi perbedaan Unsri Indralaya dan Bukit/Palembang. Tulisan ini terbaru dan saya tulis di 28 April 2021. Berikut ini perbedaan Unsri Indralaya dan Bukit:


1. Lokasi Kampus Unsri

Khusus buat kamu mahasiswa baru atau yang belom pernah ke kampus Unsri. Kalian harus tau kalau Unsri memiliki 2 kampus utama. Kampus Unsri Indralaya dan Bukit tertelak berjauhan. Bukan hanya memiliki 2 kampus utama saja, Unsri juga memilii lokasi kampus tambahan untuk jurusan tertentu. Berikut mari jika jelaskan

  • Unsri Kampus Indralaya

Lokasi Unsri kampus Indralaya berada di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir – Sumsel atau lebih tepatnya berada di Jl. Raya Palembang – Prabumulih KM 32 Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan dengan jarak kurang lebih 33,8 KM dari kota Palembang (berdasarkan Maps)

Gedung BAAK Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya
Unsri Kampus Indralaya Kabupaten Ogan Ilir - Sumatera Selatan

  • Unsri Kampus Bukit

Lokasi Unsri kampus Palembang berada di pusat kota Palembang. Yakni dengan alamat Jl. Masjid Al Gazali, Bukit Lama, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Landmark Unsri Kampus Palembang
Unsri Bukit, Palembang (Foto: Google Maps)

Selain 2 lokasi utama kampus Unsri tersebut, juga terdapat lokasi kampus untuk jurusan tertentu seperti:

  • Fakultas Kedokteran Unsri yang beralamat di Pahlawan, Jalan Dokter Muhammad Ali, Sekip Jaya, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan atau lebih dikenal sebagai Kampus Madang di Komplek Belakang Rumah Sakit Mohammad Hoesin Palembang.
Foto Gerbang Fakultas kedokteran Unsri kampus Madang
Fakultas Kedokteran Unsri Kampus Madang, Palembang (Foto: Google maps)

  • FKIP Unsri Palembang, berada di Jl. Ogan, RT.37/RW.12, Bukit Lama, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Kampus ini hanya diperuntukkan untuk mahasiswa jurusan FKIP Jalur Mandiri. Nanti kita bahas dibagian Kampus dan jalur masuk.
Gerbang FKIP Unsri kampus palembang
FKIP Unsri Palembang, Bukit Lama (Foto: Google maps)

  • Fakultas Pertanian Unsri Palembang, berada di Jalan Anyeb, Bukit Lama, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Dekat dengan Pasca Sarjana Unsri.
Gedung dan gerbang Fakultas Pertanian Unsri Palembang
Fakultas Pertanian Unsri Palembang, Bukit Lama (Foto: Google Maps)

  • Pasca Sarjana Unsri, berada di Bukit Lama, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.
Gedung Perpustakaan Pasca Sarjana Unsri
Pasca Sarjana Unsri, Bukit lama (Foto: Google Maps)

Begitulah beberapa lokasi kampus Unsri yang mungkin belum kamu ketahui, sekarang sudah tau kan kalau kampus Unsri bukan hanya terdapat di Palembang. Okey perbedaan Unsri Indralaya dan Bukit selanjutnya adalah:

2. Pusat Akademik Mahasiswa Unsri

Kantor Pusat Administrasi (KPA) kampus Unsri memanglah terbagi menjadi 2 bagian, untuk tingkatan D3 sampai Strata 1 dengan pusat administrasi di kampus Indralaya dan Bukit. Namun terdapat perbedaan Unsri Indralaya dan Bukit dalam urusan administrasi, perihal administrasi mahasiswa lebih banyak berada di kampus Unsri Indralaya. Sedangkan untuk KPA di Bukit hanya untuk urusan tertentu. Karena saya belum pernah mengurus apapun ke KPA Bukit, makanya kurang tau apa saja urusan di KPA Bukit.

Mengapa KPA Unsri Indralaya saya katakana sebagai Kantor Pusat Administrasi? Ya karena beberapa teman dari fakultas dan jurusan di kampus Palembang. Mengurus urusan akademik yang bermasalah ke Kampus Unsri Indralaya. Mulai dari pengumpulan berkas mendaftar beasiswa Unsri, Mendaftar ujian kompfrehensif, mendaftar wisuda, mengurus akademik yang bermasalah dan lainnya. Bisa dong saya katakan KPA Unsri Indralaya adalah Pusat Akademik Unsri. Selain perihal urusan administrasi, juga terdapat berbedaan kegiatan mahasiswa Unsri Indralaya dan Bukit, berikut:


3. Kegiatan Mahasiswa Unsri

Nah ini bagian yang cukup penting menurut saya. Setidaknya perbedaan Unsri Indralaya dan Bukit sangat jelas terlihat, yakni pada sisi kegiatan mahasiswa di kampus Unsri. Buat mahasiswa yang sudah setahun di kampus pasti sudah tau dong. Nah buat mahasiswa yang baru masuk Unsri, atau masih belom tau kegiatan apa saja dikampus Palembang dan kampus Indralaya. Ya baiklah saya akan menceritakan sedikit.

Ya lagi-lagi karena saya mahasiswa Indralaya, maka kampus Palembang kurang tau kegiatannya disana. Paling hanya kegiatan tertentu yang saya ketahui. Seperti berikut ini:

  • Kegiatan Mahasiswa Unsri Indralaya

Tidak akan ada habisnya kalau mau menjelaskan kegiatan mahasiswa kampus Indralaya. Pastinya, di Unsri Indralaya ada banyak kegiatan organisasi mahasiswa. Bukan hanya BEM Unsri saja. Tetapi ada banyak kegiatan yang bisa kamu ikuti sesuai dengan minat dan bakatmu. Misalnya nih ada Dewan Perwakilan Mahasiswa Unsri (DPM Unsri), Lembaga Pers Mahasiswa Gelora Sriwijaya (LPM GS/LPMGS), Pramuka Unsri, Harmoni Unsri, U-Read Unsri, Theater Gabi, Nadwah Unsri, Unsri Mengajar, Videografi Unsri dan beberapa komunitas yang menjadi tempat kegiatan mahasiswa. (Nanti bahas organisasi kampus Unsri kalau sempat ditulis)

anggota Lembaga Pers Mahasiswa Gelora Sriwijaya Unsri (LPMGS Unsri) saat PK2 Unsri 2018
Anggota LPM Gelora Sriwijaya Unsri (Foto: doc LPMGS Unsri)


  • Kegiatan Mahasiswa Unsri Palembang

Bisa dibilang cukup banyak kegiatan bagus bagi mahasiswa Unsri Palembang, ya lebih ke kegiatan dari Himpunan Jurusan sih. Sehingga untuk kegiatan organisasi kampus tidak begitu banyak, namun setidaknya ada beberapa organisasi kampus cukup menarik menurut saya. Selain BEM Fakultas Regional Palembang. Berikut nih organisasi kampus Palembang yang menurut saya menarik, seperti: UKM Bahasa Unsri, Belisario Choir Unsri. Meskipun demikian seleksinya ya tidaklah mudah.

 

4. Jalur Masuk dan Kampus

Nah sudah tau belom kalau kampus Unsri hanya memiliki 3 jalur seleksi. Jalur-jalur seleksi inilah yang nantinya akan menunjukan kampus mana kamu tempati. Namun untuk beberapa jurusan tertentu kemungkinan tidak sepenuhnya jalur masuk menentukan lokasi kampusmu, bisa jadi menempati kampus tersebut untuk beberapa waktu dan barulah berpindah kampus.

Inilah yang menjadi berbedaan Unsri Indralaya dan Bukit, terletak pada jalur seleksi di Unsri, berikut penjelasannya:

  • SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri (SNMPTN) Unsri merupakan jalur pertama seleksi Unsri yang menerima calon mahasiswa baru. Nah sepertinya tidak perlu saya ceritakan panjang-panjang perihal SNMPTN Unsri. Bagi calon mahasiswa yang lolos jalur ini akan ditempatkan sebagai mahasiswa Unsri Indralaya. Apa bisa memilih untuk pindah kampus? Jawabannya bisa dengan syarat dan ketentuan berlaku.

  • SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan jalur kedua jika kamu sebelumnya tidak lolos di SNMPTN, ya kamu dapat mencoba masuk Unsri lewat jalur ini, dengan mengikuti tes tertulis yang sudah berbasis komputer. Seandainya kalian yang mengikuti seleksi jalur ini lolos. Maka akan mendapatkan kampus Unsri Indralaya sebagai tempat anda belajar menuntut ilmu. Kamu bisa mengajukan pindah kampus kalau mau.

  • USM

Ujian Saringan Masuk Universitas Sriwijaya (USM Unsri) adalah jalur terakhir yang harus kamu pilih jika ingin menjadi mahasiswa Unsri. Semoga kamu bisa lolos ya menggunakan jalur pertama dan kedua. Namun jika menyerah, ya boleh untuk memilih melanjutkan ke Universitas lain di Sumsel atau lokasiterdekat daerah kalian. Jalur ini nantinya akan menempatkan mahasiswa berada di kampus Unsri Bukit. Disini kamu juga bisa kok mengurus pindah kampus ke Indralaya, jika mau.

 

Catatan Penting Jalur Masuk dan Kampus:

Meskipun demikian, perbedaan Unsri Indralaya dan Bukit dari sisi ini sepenuhnya bisa berubah. Kamu bisa mengusulkan untuk pindah kampus ke yang kamu inginkan, tetapi syarat dan ketentuan berlaku.

Oh iya, untuk jurusan tertentu kemungkinan tidak sepenuhnya akan mengikuti kampus sesui jalur masuk seperti yang saya jelaskan. Hal ini dikarenakan ada yang fakultas tidak ada di Palembang, serta terdapat jurusan dengan kegiatan kuliahnya lebih banyak di Palembang.

Misalnya nih, untuk mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) semua jalur akan berada d kampus Unsri Indralaya, hal ini dikarenakan FKM hanya berada di Indralaya. Kemudian seperti Fakultas kedokteran, hanya akan berada di Kampus Indralaya beberapa semester saja, kemudian akan pindah ke Unsri kampus Madang. Perihal pindah kampus akan kita bahas selanjutnya dibiaya kuliah Unsri.

 

5. Biaya Kuliah Unsri

Perbedaan Unsri Indralaya dan Bukit juga dapat dilihat dari biaya kuliahnya loh. Biaya kuliah Unsri ini, ditentukan berdasarkan kamu masuk Unsri melalui jalur yang mana?

Bagi mahasiswa masuk Unsri jalur SNMPTN dan SBMPTN biasanya akan berada pada biaya kuliah yang cukup murah. Karena memiliki level Uang Kuliah Tunggal (UKT) sesuai dengan pekerjaan orangtua mereka masing-masing (Nego UKT saat wawancara). Ya kalau bapak kalian TNI, Polri, atau ASN. Bisa jadi UKT kalian tetap menjadi tinggi. Sedangkan untuk jalur mandiri, biaya kuliah kalian sudah ditetapkan oleh kampus pada level tertinggi.

Nah mari bahas perihal pindah kampus, jika kalian mahasiswa lolos jalur SNMPTN dan SBMPTN ingin pindah ke kampus Unsri Bukit. Maka kampus akan dengan senang hati menempatkan kalian, kenapa demikian? Dengan memilih pindah kampus ke Unsri Bukit, maka secara otomatis kalian sepakat bahwa UKT kalian akan berada di level tertinggi.

Bagi mahasiswa yang lolos jalur Mandiri juga bisa kok mengurus pindah ke kampus Unsri Indralaya. Namun UKT kalian akan tetap berada pada level tertinggi.

Daftar Tabel Biaya Kuliah Unsri
Biaya Kuliah Unsri (Foto: Istimewah)


Kesimpulan

Perbedaan Unsri Indralaya dan Bukit terlihat dengan jelas menurut saya. Bagi saya, mau kampus Unsri Indralaya dan Palembang, tetap saja dosen yang akan mengajar adalah dosen yang sama loh. Oh iya kalau ada yang ingin menambahkan informasi, mengkoreksi atau bertanya bisa sampaikan di kolom komentar ya. Semoga tulisan ini memberikan informasi yang cukup bermanfaat buat para pembaca, terutama yang mencari informasi perbedaan Unsri Indralaya dan Bukit.


Lim Suandi

Freelancer wedding fotografi, menulis blog untuk menyampaikan pemikiran yang terpendam. Dapat dihubungi melalui sosial media tertera, atau email Limsuandi.com@gmail.com

6 Komentar

  1. Nice makasih info nya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  2. Terima kasih infonya sangat membantu kak🙏😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah ya, terima kasih sudah meninggalkan jejaknya

      Hapus
  3. kalau mau tau lebih banyak tentang info pindah lokasi itu dimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo kak, terkait demikian untuk proses pindah kampus hanya dapat dilakukan sebelum semester pertama dimulai ya. untuk prosesnya saya sendiri belum mengetahui, jika kakak ingin melakukan pindah lokasi kampus bisa menghubungi Ketua jurusan (Prodi masing-masing), siapa tau prosedur akan lebih lengkap. atau kakak dapat langsung DM Instagram Account BEM Fakultasnya kak.

      Hapus
Lebih baru Lebih lama