Mudahnya Mendaftar NPWP Online, 15 Menit Selesai | Lim Suandi A Man Behind The Scenes

Rabu, 03 Juni 2020

Mudahnya Mendaftar NPWP Online, 15 Menit Selesai

Dunia semakin canggih, segala kemudahan selalu diciptakan bersamaan munculnya internet. Begitu pula dengan urusan membuat NPWP. Kemudahan dalam membuat NPWP dapat dilakukan dengan cara mendaftar Online, hanya membutuhkan waktu 15 menit saja. Syarat-syarat mendaftar NPWP online ternyata tidak sesulit yang kita pikirkan, cukup dengan beberapa berkas hasil scan atau file yang difoto.

cara mudah Mendaftar NPWP Online Palembang
Cara Mudah Mendaftar NPWP Online Tanpa Ribet dan Mudah (Foto: Google).


NPWP sangat penting. Mengingat saat ini, beberapa urusan administrasi dan pekerjaan mewajibkan memiliki NPWP. Ribetnya kalau kalau mau buat saat ingin mendaftar kerja, maka dari itu cicil berkasnya dari sekarang. oh iya, kalau mau mendaftar secara manual bisa, namun biasanya antrian yang cukup panjang dan membuat waktu anda habis hanya untuk antrian. Sehingga mendaftar NPWP online menjadi solusinya.

Sebelum melakukan pendaftaran NPWP online, ada baiknya memahami beberapa hal seputar NPWP.


Apa itu NPWP dan Fungsinya

Nomor Pokok Wajib Pajak atau biasa disingkat menjadi NPWP (Tax Identification Number), adalah rangkaian digit nomor yang diberikan kepada wajib pajak (WP) sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.


Apa Itu NPWP Pribadi atau Badan Usaha

NPWP pribadi atau NPWP Badan Usaha merupakan Nomor Pokok Wajib Pajak yang diberikan Ditjen Pajak untuk perorangan atau badan usaha. Wajib pajak orang atau badan usaha tersebut membutuhkan NPWP sebagai kartu identitas resmi untuk melakukan transaksi perpajakan seperti hitung, setor, serta laporan pajak pribadi dan tidak ditujukan untuk transaksi perpajakan badan usaha.

Baca Juga: Pengalaman Bayar Pajak Kendaraan di Samsat PS Mall Palembang

Apa Mahasiswa Harus Punya NPWP

Sering kali mungkin kamu mikir, apa mahasiswa wajib punya NPWP. Tapikan belum kerja, belum punya penghasilan.

Tenang, bukan hanya kamu yang berpikiran demikian. Aku juga sering berpikir hal tersebut. Pada dasarnya apabila mahasiswa tidak memiliki penghasilan sendiri, tidak akan ada kewajiban untuk melakukan bayar pajak dan melaporkan SPT Tahunan Wajib Pajak, bukan berarti mempunyai NPWP adalah hal tidak berguna. Justru selagi mahasiswa memiliki NPWP bagus banget. Bakal ada banyak keuntungan kedepannya. Nanti kita bahas selanjutnya perihal manfaat memiliki NPWP.

cara mudah Mendaftar NPWP Online Palembang
Mudahnya mendaftar NPWP online, ada banyak keuntungan jika memiliki NPWP (Foto: Google)


Berapa Lama Pembuatan NPWP Pribadi?

Tidak perlu waktu yang lama, cukup satu hari jam kerja jika mengurus NPWP secara manual di KPP terdekat tempat kamu tinggal, serta biaya gratis. Kalau mendaftar secara online cukup butuh waktu 15 menit sudah mendapatkan NPWP, namun kartu akan dikirimkan melalui pos dan beberapa minggu baru sampai, kalaupun belum dikirimkan cukup datang ke KPP terdaftar dan membawa bukti pendaftaran NPWP online yang telah dicetak.

Kartu NPWP akan dikirimkan sesuai dengan alamat kalian melalui pos. Hal ini berlaku jika merasa lokasi KPP terlalu jauh, namun jika lokasi dekat cukup datang dan membawa bukti cetak pendaftaran online.


Berapa Biaya Pembuatan NPWP

Ini paling penting juga untuk diketahui, bahwa biaya mengurus NPWP adalah gratis. Baik melakukan pembuatan NPWP secara manual maupun online ya. Kantor pajak tidak akan memungut biaya apapun atas jasa pembuatan NPWP.

cara mudah Mendaftar NPWP Online Palembang
Gratis biaya mengurus NPWP, baik mengurus pembuatan NPWP secara manual maupun online (Foto :Google).


Syarat Daftar NPWP Online

Sebelum melakukan pendaftaran online, ada baiknya juga menyiapkan berkasnya terlebih dahulu. Biar saat mendaftar tidak perlu lagi mencarinya. Jadi alangkah baiknya berkas tersebut sudah siap dalam bentuk scan atau jpg. Oh iya perlu diketahui lagi, bahwa pendaftaran online NPWP hanya berlaku bagi wajib pajak pribadi. Jadi syarat ini hanya untuk pembuatan NPWP pribadi, berikut berkas yang harus disiapkan:

  1. Email yang masih aktif, karena link registrasi, konfirmasi dan aktivasi akan dikirimkan melalui email yang akan digunakan dalam mendaftar akun NPWP online.
  2. Scan E-KTP anda dengan jelas dan tidak buram.
  3. Scan Keterangan Kerja dari tempat anda bekerja (khusus untuk karyawan)
  4. Scan SK PNS (khusus untuk ASN)
  5. Surat Keteragan Usaha atau SIUP (khusus untuk wiraswasta)

Catatan: Bagi mahasiswa cukup scan E-KTP dan email aktif.


Cara Mendaftar NPWP Online

Sangat mudah mendaftar NPWP online, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja. Dengan catatan koneksi internet kalian baik. Tenang, pendaftaran NPWP online bisa menggunakan HP android kamu.

Pendaftaran NPWP online sendiri terbagi menjadi tiga fase penting, tahap tersebut adalah:

  1. Pendaftaran Akun NPWP Online
  2. Pengisian Formulir NPWP Online
  3. Penyampaian Formulir NPWP Online.


Oke lanjut, berikut Cara Mendaftar NPWP Online:

  • Masuk ke Situs Ereg Pajak
Masuk ke situs pendaftaran NPWP online, yakni situs Ereg.pajak.go.id (sebagai langkah pertama, masukan email yang akan anda gunakan dan masukan kode captha yang muncul di kolom tersebut, setelah sudah benar silakan klik daftar.

cara mudah Mendaftar NPWP Online Palembang
Isi email yang akan digunakan saat mendaftar NPWP Online (Foto: Lim Suandi)


    cara mudah Mendaftar NPWP Online Palembang
    Klik email verifikasi, selanjutnya isi lengkap semua data. Perihal pekerjaan, yang belum bekerja bisa isi pegawai swasta (Foto: Lim Suandi)
  • Lalu, buka email anda. Akan ada email masuk sebagai aktifasi pendaftaran awal anda. Buka email tersebut, kemudian klik tulisan warna biru "link verifikasi" atau klik link yang telah disediakan dari ereg.
  • Selanjutnya isi lengkap data pribadi anda, alamat, tempat bekerja, penghasilan dan sebagaiannya. Hingga semua terisi dengan benar. **catatan bagi mahasiswa, mengisi pekerjaan bisa memilih pegawai swasta.
  • Selesaikan semua tahap pengisian, jika telah selesai, klik “Submit”.
  • Cek kembali email anda, akan terdapat email yang berisi nomor transaksi dari Ditjen Pajak. Selanjutnya klik email masuk tersebut dan akan muncul halaman baru.
  • Muncul Halaman Berikut, klik “Minta Token”, dan cek kembali email masuk anda dan copy kode yang ada.
cara mudah Mendaftar NPWP Online Palembang
Minta token untuk mendapatkan kode digit untuk dimasukan saat melakukan pengiriman permohonan (Foto: Lim Suandi)

  • Kirimkan Permohonan. Kembali ke halaman sebelumnya, klik “kirimkan Permohonan” dengan memasukkan kode token yang telah didapatkan.
  • Selesai (anda akan mendaptkan email berisikan ucapan terima kasih karena telah mendaftar sebagai wajib pajak. Dalam email tersebut juga akan menunjukan NPWP anda.

cara mudah Mendaftar NPWP Online Palembang
Selamat kamu sudah memiliki NPWP, kartu fisik dapat kamu ambil ke KPP cabang kamu terdaftar (Foto: Lim Suandi)


Catatan: jika dalam waktu sebulan belum mendapatkan kartu fisik NPWP. Cukup datang ke KPP terdaftar dengan membawa bukti cetak pendaftaran anda sudah diterima.


Mengapa Harus membayar Pajak?

Sebagai warga negara yang baik, perilaku membayar pajak sesuai dengan ketentuan memanglah harus dilakukan. Kita membayar pajak sebagai kontribusi membangun negara, meningkatkan kesejahteraan bersama. Karena kitalah yang sangat berperan besar dalam membangun negara, pemerintah hanya sebagai lembaga yang mengelola. Dari pajak kitalah negara akan membangun jembatan, jalan-jalan raya bahkan menggaji ASN, serta aparatur keamanan.


Manfaat Kepemilikan NPWP

Pemahaman mengenai manfaat NPWP belum sepenuhnya dimengerti masyarakat. Sekalipun seseorang dengan status pendidikan yang baik, juga ada yang tidak memahami fungsi kepemilikan dan manfaat NPWP.

Perihal NPWP, ada banyak keuntungan bagi seseorang apabila memiliki NPWP. Manfaat tersebut dapat dilihat dalam perihal yang berhubungan dengan finansial atau keuangan. Misalnya perihal dalam melakukan peminjaman kredit bank, pembelian saham, mendaftar akun dipasar uang.
Setidaknya, berikut manfaat memiliki NPWP:

  • Syarat Administrasi

Dengan adanya NPWP, seseorang akan dengan mudah melakukan kegiatan yang berhubungan dengan proses administrasi. Karena saat ini, banyak administrasi keuangan yang mensyaratkan NPWP sebagai salah satu syarat wajib dalam berbagai urusan. Seperti beberapa instansi bank. Memasukan NPWP sebagai syarat dokumen pendukung dalam mengurus administrasi.


  • Kredit Bank

Apabila seseorang akan mengajukan kredit ke bank, maka syarat yang diperlukan adalah memiliki NPWP. Nomor Pokok wajib pajak tersebut dibutuhkan saat akan melakukan pinjaman, hal ini bertujuan penting bagi pihak bank, dengan adanya NPWP akan menunjukan nasabah tersebut merupakan taat pajak atau sebaliknya.

Dengan adanya NPWP, segala urusan kredit akan menjadi lebih cepat. Mulai dari Kredit Kepemilikan rumah (KPR), Kartu Kredit, Kredit Multiguna, Kredit Kendaraan bermotor. Dengan adanya NPWP tersebut akan membuat pihak bank berani memberikan pinjaman diatas 50jt.



  • Rekening Dana Nasabah (RDN)

Rekening Dana Nasabah (RDN) merupakan rekening yang dibuka di bank tertentu atas nama nasabah yang bertujuan untuk melakukan investasi. RDN juga sering disebut dengan sebutan Rekening Dana Investor (RDI), rekening tersebut hanya dapat digunakan untuk memfasilitasi seseorang dalam melakukan transaksi jual beli produk investasi seperti saham, reksadana, obligasi.

Sehingga jika seseorang tidak memiliki NPWP, maka tidak akan dapat melakukan kegiatan jual beli dipasar modal.

Baca Juga: Alasan dan Pengalaman Pertama Investasi Reksadana di Bareksa


  • Pembuatan SIUP

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) merupakan surat izin usaha yang dimiliki seseorang guna melancarkan urusan usaha dagangnya dalam skala lebih luas. Surat dagang tersebut berfungsi sebagai bukti sah usaha yang dimiliki seseorang yang resmi dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat atau lembaga berbadan hukum. Sehingga penting memiliki NPWP agar usaha sewaktu-waktu ada hal yang tidak diinginkan dapat terbukti legal.


  • Mempermudah Urusan Pajak

Manfaat lainnya adalah berhubungan dengan segala urusan perpajakan. Dengan adanya NPWP, seseorang akan dengan mudah mengurusi restitusi pajak, pengajuan pengurangan pajak, mengetahui jumlah pajak yang harus dibayarkan, pemotongan pajak yang rendah, serta banyak hal lainnya.


-----------------------------------------------------------------------------------------------
Setidaknya begitulah cara mendaftar pajak online, saya masih mahasiswa namun mendaftar pajak online dengan tujuan agar mendapatkan lebih banyak kemudahan kedepannya. Manfaatnya bukan sekarang, setidaknya beberapa urusan administrasi yang berhubungan dengan NPWP mudah bagi saya.


Daftar NPWP online Palembang juga dapat dilakukan pada website yang sudah saya jelaskan diatas. Begitupun daftar NPWP online Kayuagung ataupun wilayah lainnya dapat dilakukan dengan situs tersebut. Lokasi KPP akan ditentukan berdasarkan NIK asal KTP anda dibuat. Selamat mendaftar NPWP online.

Jika tulisannya bermanfaat, bantu bagikan ya kak

Saya senang jika pembaca berkomentar, nanti aku kunjungi juga blogmu loh