Menyandang Mimpi, Semangat Studi ke Luar Negeri


Oom Lim, kali ini akan mengulas Antologi dari teman-teman LPM Dinamika UIN Sumatera Utara.

Tak banyak yang dapat dikomentari dari kondisi buku ini. Seperti ketebalan buku? Bahan dari buku? Tidak dapat dikomentari, sebab bukunya ini tidak saya miliki dalam bentuk cetak. Oom Lim hanya membacanya melalui E-book yang dikirim teman Dinamika. Oom harap buku ini terdapat versi cetaknya bahkan dapat diperjual belikan.

Secara keseluruhan, jika dilihat dari cover buku ini sangat menarik. Bagi siapapun melihat cover buku ini pertama kali akan terkesima, bahkan tidak akan percaya bahwa ini asli buatan anak LPM Dinamika (Pembuat Cover Ditanty Chicha Novri). Tidak terdapat ilustrasi dalam buku ini, hanya terdapat siluet gedung-gedung pencakar langit disetiap halaman bawah pada buku.
Cover Antologi Kru LPM Dinamika UIN Sumatera Utara, (Cover: Ditanty Chicha Novri)


Oh iya nih, hal yang paling membuat bingung hingga sekarang adalah genre dari buku. Oom Lim belum dapat simpulkan, sebab masih bingung karena tidak ada penjelasan genre buku dipostingan dan keterangan buku. Hal yang juga masih membuat penasaran adalah kisah yang diangkat dalam setiap chapter asli atau hanya fiksi. Hal ini karena tidak ada penjelasan sedikitpun pada halaman sekapur sirih. Sehingga kebingungan menentukan genre masih terasa sekarang. Oom Lim juga berpikir jika buku ini termasuk genre motivasi.

Setiap halaman buku tersusun dengan sangat apik, ilustrasi gedung pencakar langit di setiap halaman sangat membantu dan memberikan kesan bahwa buku berisi tentang kisah diluar negeri. Sehingga enak untuk dibaca, terlebih font yang digunakan nyaman dimata. Font pada setiap judul chapter cocok dan menarik. Chapter dibuku ini terdiri dari 18 dengan kisah-kisah yang berbeda disetiap chapternya.


siluet gedung-gedung pencakar langit disetiap halaman bawah pada buku Kru LPM Dinamika.


Hal yang menarik dalam buku ini, terdapat banyak kisah-kisah perjuangan seseorang untuk kuliah di luar negeri. Perjuangan itu tidaklah mudah dan banyak hal harus dikorbankan. Seperti harus terpisah dari keluarga, bahkan harus memendam rasa rindu suasana rumah, rindu masakan ibu, menangis ketika ibu menelpon, sulitnya tahun-tahun pertama di tempat dan budaya yang berbeda, kesulitan yang pada akhirnya membuahkan hasil indah.

Ada beberapa tulisan yang memicu semangat bagi sispapun yang membacanya. Mampu membuka pikiran dan kesadaran hingga tertampar karena sikap pesimis. seperti kalimat: Jika dirimu sendiri tidak percaya pada mimpimu, maka orang lain pun akan begitu; Surah Al Talaq ayat 2-3 (Barang siapa yang bertawa kepada Allah, niscaya Allah akan lepaskan ia dari masalah hidup dan diberikannya rezeki dari sumber tidak diduga); Lantas aku tak ingin menjadi gula atau garam yang larut dalam segelas air, aku ingin menajadi mutiara yang tetap utuh dan berharga di manapun keberadaanya.

Masih banyak penggalan kalimat menampar sekaligus memberikan kesadaran untuk kembali kuat. Bagi yang merasa salah jurusan, lulus di jurusan yang tidak diinginkan, percayalah itu sudah takdir dari Allah. Begitulah sepenggal kalimat yang masih terdapat dalam buku ini.

Saat kamu membaca chapter pertama yang berjudul “Asal Tidak Takut Dengan Hal Baru”. Percayalah chapter awal inilah yang membuatmu ingin membaca terus chapter selanjutnya. Sekadar informasi nih, untuk membaca buku 146 halaman ini. Oom Lim lakukan kurang dari setengah hari. Karena cerita disetiap chapter memberikan rasa kagum, penasaran, haru, air mata. Kisah yang dituturkan juga terdapat rasa kebersamaan dengan mahasiswa sesama asal Indonesia, sehingga pembaca turut merasakan emosional dalam setiap teks.

Kesimpulan terhadap buku ini, sungguh menakjubkan tulisan teman-teman LPM Dinamika UIN Sumatera Utara. Tulisan yang membuat saya hanyut untuk lanjut membacanya hingga tidak menyadari 5 jam terlewatkan, bahkan suasana dalam tulisan membuat pembaca turut merasakannya.

Oh iya, jika buku ini benar dengan genre motivasi. Maka buku ini sangat sukses untuk kembali men-charge energi pesimis yang telah memuncak, hingga berganti menjadi energi positif optimis. Dibuku ini pembaca juga diberikan informasi bahwa untuk mencapai segala hal harus kerja keras serta lebih banyak melangitkan kata-kata. Bahkan buku ini sukses membuat Oom Lim segera membuat ulasan ini usai membaca. terima kasih kepada KRU LPM Dinamika UIN Sumatera Utara yang telah membuat antologi ini.

Terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan ini. Yok tinggalkan jejak dengan cara berkomentar dibawah. Saran dan kritik pembaca tulisan akan sangat membantu kemajuan dan pengembangan penulisan diblog ini. Jika ada saran, apapun yang ingin di ulas, baik buku, barang dan lokasi wisata (note; masih Sumsel) akan Oom buatkan. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

12 Responses to "Menyandang Mimpi, Semangat Studi ke Luar Negeri"

  1. Saya belum mendapatkan kesimpulan dr cerita tersebut. Kami tunggu yg selanjutnya yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan sekilas isi buku dari karya mereka saja. untuk isi buku lebih lengkap dapat dibaca di situs resmi Dinamika atau bisa chat saya melalui email. terima kasih

      Hapus
    2. Bisa nggak di kirim ke email kami Sanisuandi27@gmail.com
      Thanks..

      Hapus
  2. Om kalau kami ingim dibuatkan ulasan sebuah buku, haruskah bayar atau tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kak, cukup kirimkan bukunya ke lokasi kita ya. Review 2 Minggu baru kita kirim hasil.

      Hapus
  3. Bisa kak, cukup kirimkan bukunya ke lokasi kita ya. Review 2 Minggu baru kita kirim hasil.

    BalasHapus
  4. buku ini cocok buat anak2 mudah yang memilki impian kuliah di luar negeri, saya yakin setiap cerita akan menjaikan cambuk semangat bagi yang membacanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bener banget bang. sangat bermanfaat bagi yang memiliki impian kuliah ke luar negeri. btw terimakasih nih sudah mampir.

      Hapus
  5. Jadi pengen baca bukunya :D pinjem doong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya tersedia versi e-book, memang tidak ada versi cetaknya dari teman° Dinamika.

      Mau saya kirim e-book ke email?

      Hapus
  6. Hanya tersedia versi e-book, memang tidak ada versi cetaknya dari teman° Dinamika.

    Mau saya kirim e-book ke email?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel