A Man Behind The Scenes

Lifestyle

Finansial

Showbiz

Foto

Video

Sabtu, 27 Juni 2020

The Postcard Killings (2020): Ketika Karya Seni Menjadi Ide Pembunuhan

The Postcard Killings (2020): Ketika Karya Seni Menjadi Ide Pembunuhan

The Postcard Killing 2020
The Postcard Killing 2020

Ada banyak review The Postcard Killings (2020) di situs internet. Rata-rata tulisannya lebih menekan aspek detektif. Para penulisnya lebih memilih untuk melakukan resensi film The Postcard Killings dari sisi upaya mengungkapkan kejahatan. Lebih membahas perjuangan sang detektif (Jeffrey Dean) menemukan pelaku, dan berusaha untuk mencegah terjadinya korban baru.

Namun rasanya, ada sisi lain yang cukup menarik untuk dibahas. Sehingga saya, lebih memilih untuk melakukan ulasan Postcard Killings (2020) dari sisi berbeda. Yakni, kisah pembun*han berantai yang menjadikan karya seni sebagai tindakan kejahatannya.

Perlu diketahui, perilaku jahat (Pembunuh) tersebut terjadi karena proses panjang. Jadi, kamu harus menonton terlebih dahulu, jika ingin mengetahui penyebabnya(*jika kuat nonton).

Sinopsis The Postcard Killings

Jacob Kanon (Jeffrey Dean) harus merasakan kesedihannya, putrinya yang baru saja menikah dan sedang berlibur ke Madrid dengan suaminya, tewas. Sebagai ayah sekaligus detektif, ia sungguh ingin menyelesaikan kasus tersebut. Sehingga mengetahui siapa pelakunya. Hanya saja, hal tersebut sulit untuk dilakukan. Karena berada diwilayah bukan zona tugasnya.

Karena kepolisian dilokasi pembun*han sangat lambat menyelesaikan kasus, ia sungguh kesal. Sehingga memutusakan untuk mencari sendiri informasi dengan teliti. Berharap mendapatkan petunjuk dan menemukan pelakunya. Bahkan dapat mencegah munculnya korban-korban lainnya.

Pelaku, sebelum melakukan pembun*han, akan mengirimkan postcard kepada para jurnalis asal Amerika yang bekerja di wilayah yang menjadi target pembun*han selanjutnya. Jurnalis yang mendapatkan postcard tersebut melaporkan ke pihak kepolisian, sehingga saksi (penerima postcard) tidak boleh memberikan informasi tersebut ke orang lain. Karena ini rahasia negara.

Jacob Kanon sungguh kewalahan mencari petunjuk, sampailah satu postcard kepada Dessie Lombard (Cush Jumbo). Ia adalah jurnalis berita diwilayah Stockholm (Capital of Sweden).

Jacob mengikuti Dessie pulang kerja, sungguh Dessie tidak menggubris. Namun akhirnya Dessie menghubungi kembali Jacob, alasannya karena kejadian yang terjadi pada Jacob dapat dijadikan berita features, pastinya akan sangat laku di tahun tersebut. Akhirnya mereka selalu bersama. Jacob butuh Dessie sebagai pemberi informasi, dan Dessie menilai Jacob sebagai ladang tulisan.

Jacob dan Dessie terlibat dalam berbagai hal di setiap ada kasus. Namun, akhirnya tujuan Dessie diketahui Jacob. Kelanjutannya tonton sendiri ya.


Pemeran Postcard Killings 2020

Adapun nama pemain dalam the Postcard Killings 2020 sebagai berikut:

Jeffrey Dean Morgan, Famke Janssen, Naomi Battrick, Cush Jumbo, Lukas Loughran, Steven Mackintosh, Eva Rose, Ruairi O’Connor, Joachim Krol, Denis O’Hare, Sallie Harmsen, Orla O’Rourke, Christopher Pizzey.


Ulasan The Postcard Killings (2020)

the postcard killings 2020
Jacob Kanon (Jeffrey Dean Morgan) dan Valerie Kanon (Famke Janssen) saat dipemakaman putrinya (adegan akhir film The Postcard Killings 2020)

Adapun Resensi The Postcard Killings (2020) sebagai berikut. Postcard Killings dimulai dengan opening yang sungguh membuat saya merinding. Sungguh saya berpikir, Postcard Killings akan menjadi thriller kriminal yang menegangkan. Ya setidaknya itu yang saya harapkan.

Seram? Sudah pasti. Karena ada banyak bagian di Postcard Killing 2020 menampilkan hal-hal seram (mungkin bagi beberapa orang). Apa masih ingin menonton? Saya sih, masih lanjut.

Film The Postcard Killings (2020) cukup menarik. Namun beberapa pembaca buku aslinya, cukup kecewa dengan versi film. Hal ini dikarenakan, banyak adegan di film terlalu cepat disetiap bagian kisahnya. Satu kasus, ke kasus yang lainnya terasa tidak berjeda.

The Postcard Killing 2020
Adegan di film The Postcard Killing 2020, saat Jacob dan Dessie menganalisis informasi.

Ya mau bagaimana lagi? Namanya juga durasi. Setidaknya, bagi saya yang belum membaca buku “The Postcard Killer karya Liza Marklund (asal Swedia). Saya sungguh tidak tau alur ceritanya. Tapi, versi film sudah cukup membuat penasaran dan mengerikan. Namanya juga film, ya terbatas durasi. Banyak kok film Indonesia yang harus dipercepat karena keterbatasan durasi. Sehingga sedikit banting setir alurnya.

Kita (bacanya saya) tidak akan pernah menduga, alur cerita yang ternyata sungguh mengejutkan di pertengahan. Lah saya menyangka, pembunuhnya adalah mereka berdua yang bertato. Eh ternyata salah dugaan, dan kagetnya lagi, ternyata mereka (pasangan yang manis, imut) tersebut adalah sosok pembun*h. Waw sungguh mengejutkan. Kejahatan mereka yang sungguh tersusun dengan baik, dilengkapi bukti-bukti yang menunjukan tidak ada jejak kejahatan terhadap mereka.

The Postcard Killing 2020
The Postcard Killing 2020


Alur pembun*han berantai yang sungguh menegangkan. Meksipun, tidak ditunjukan adegan kejahatan tersebut. Namun melihat korban-korban yang sungguh mengenaskan, saya cukup takut. Dalam film ini tidak akan ada adegan darah kok, jadi tenang.

Sayangnya, klimaks dari Film The Postcard Killings (2020) sungguh mengecewakan. Bukan karena tidak bagus, tapi berasa kurang klimaks deh. Ya kalau kamu tidak percaya silakan nonton sendiri Postcard Killings (2020).

Namun banyak juga nuansa yang sungguh menarik, nanti deh aku bahas tulisannya tersendiri kalau sempat.


Karya Seni dan Ide Pembun(han) Berantai

Siapa sangka, ternyata motif kejahatan mereka karena kecintaan terhadap seni. Riwayatnya panjang deh, nanti bakal ada bagian yang menceritakan tentang ini dan berhubungan dengan tindakan mereka. Tonton saja nanti.

Nah berikut ini karya seni yang menjadi inspirasi tindakan di film The Postcard Killings (2020), berikut karya seni tersebut:

  1. The Kiss Karya Rodin (Patung)
  2. Saturn Devouring His Son Karya Francisco Goya (Lukisan)
  3. Psyche Revived By Cupid’s Kiss Karya Antonio Canova (Patung)
  4. The Incredulaty of Saint Thomas (Lukisan)
  5. Dante and Virgill in Hell Karya Bouguereau (Lukisan)
  6. Saint John The Baptis (Lukisan)
  7. Reclining Nude Karya Modigilani (Lukisan)
  8. Nah karya yang ini saya tidak tau namanya, karena tidak disebutkan. Gambarnya seperti dibawah.

Art in The Postcard Killings 2020
Salah satu karya seni yang menjadi inspirasi sang pembunuh berantai di The Postcard Killings 2020.

Cuma mau mengingatkan, jangan pernah deh lihat karya-karya tersebut. Terutama karya lukisannya. Eh, tapi semakin dibilangi jangan dicari. Malah orang-orang semakin penasaran. Hah dasar kalian semua. Saya tidak bertanggung jawab jika kalian mual, merinding dan bahkan tidak bisa tidur karena terbayang-bayang.


Soundtrack Enak, Tapi Merinding

Film yang bagus, selalu didukung oleh Original Motion Picture Soundtrack. Begitula dengan The Postcard Killing (Original Motion Picture Soundtrack) by Simon Lacey yang memukau. Berikut daftar judulnya berdasarkan adegan di film:

  1. Abyssus Abyssum Invocat
  2. Our Daughter
  3. Graveyard
  4. Not a Chance in Hell
  5. Death in London
  6. Pieter and Nienke
  7. Ferry
  8. Collision
  9. Waking up in the Snow
  10. Haysmith and Valerie
  11. Crime Scene
  12. Jacob’s Discovery
  13. Dessie’s Postcard
  14. Interrogation
  15. Amsterdam Murders
  16. Sylvia’s Flashback
  17. Young American Couple
  18. Husband and Wife
  19. Did You Find the Hands
  20. Grandmother’s Ring

Merinding coy, apalagi kayak ada yang nyanyi opera gitu.

Kesimpulan

Film The Postcard Killings 2020 cukup menarik untuk kamu tonton. Apalagi kamu yang memiliki jiwa penasaran dan ingin mencoba mengetes nyali. Sepertinya Postcard Killings 2020 bisa di jadikan bahannya. Namun, sepertinya saya tidak akan merekomendasikan thriller kriminal “Postcard Killings (2020)” kepada kalian yang takut dan mudah terbayang-bayang. Karena terdapat banyak bagian dalam film yang akan membuat perut terasa mual. Apalagi ditambah mencari gambar lukisan yang sudah saya jelaskan diatas. Lalu menghubungkan dengan pembun*han. Sungguh jangan lakukan hal demikian.

*Tolong, baca lengkap ya. Saya sungguh tidak akan bertanggung jawab.

Senin, 22 Juni 2020

Ritual Kemah Tahunan di Kaki Gunung Dempo Pagar Alam

Ritual Kemah Tahunan di Kaki Gunung Dempo Pagar Alam


Wisata kebun teh gunung dempo pagar alam
Foto diambil saat cuaca bagus dipagi hari, ini diambil dibawah jam 8 (doc. Lim Suandi/Fadlur)

Limsuandi.com -- Gunung Dempo di Pagar Alam memiliki ketinggian 3.173 mdpl, dengan titik awal pendakian berada di kampung 4 (1575 mdpl). Menjadi lokasi wisata yang banyak dikunjungi, bukan hanya pengunjung secara lokal dari wilayah Sumatera Selatan. Tetapi,  pengunjung dari luar Sumatera juga banyak melakukan pendakian. Wilayah sekitar kaki Gunung Dempo dijadikan sebagai lokasi perkebunan teh milik perusahan. Sedangkan dibawahnya, menjadi lokasi bercocok tanam sayuran oleh masyarakat.

Sungguh menyenangkan, dapat berkunjung menikmati indah dan sejuknya wilayah Dempo Pagar Alam. Setidaknya, Dempo menjadi lokasi wajib di kunjungi 4 tahun terakhir di organisasi kampus. Berikut pengalaman saya selama berkegiatan di Gunung Dempo Pagar Alam.

Latar Belakang Kegiatan

Berkemah dikaki Gunung Dempo Pagar Alam rutin dilakukan, setidaknya dimulai tahun 2015 sampai 2019. Semoga tetap berlanjut. Hanya saja tahun 2020 pindah lokasi kegiatan di Bukit Besar - Lahat. Kegiatan yang dilakukan memanglah rangkaian agenda tahunan organisasi. Tenang, kita bukan mahasiswa pecinta alam. Hanya saja sepertinya perlu membuat agenda jauh dari hiruk pikuk gemerlapnya cahaya lampu.

Perkemahan ini merupakan tingkatan terakhir, dari pemagangan anggota organisasi. Bagi calon anggota yang telah mengikuti magang selama 3 bulan, wajib mengikuti agenda berkemah sebagai tanda keseriusan. Tenang kok, tidak ada tindak kejahatan dan hal-hal yang merugikan segala pihak. Kegiatan ini murni sebagai ajang menilai watak calon anggota baru.

Kami biasa menyebut kegiatan ini sebagai “Pra Pelantikan”. Jadi, calon anggota baru yang belum dilantik, harus mengikuti kegiatan ini. Serius deh, kegiatan disini positif dan edukatif.


student center universitas sriwijaya
Suasana saat akan berangkat ke Pagar Alam, barang-barang dimasukan ke dalam bus (doc.Lim Suandi)

Alasan Pemilihan Lokasi Dempo

Lokasi kaki Gunung Dempo, selalu menjadi pilihan setiap tahunnya. Karena wilayah yang sudah dikenal dan pastinya beberapa anggota sudah kenal dekat dengan ketua kampung 4. Jadi, perihal izin kegiatan cukup mudah. Begitupun memasukan surat izin kepada pihak perkebunan teh (bisa nitip, haha).

Selain kemudahan dalam perizinan, wilayah sekitar kaki Gunung Dempo Pagar Alam juga sering banyak pengunjungnya. Setidaknya  ada kegiatan yang dilakukan beberapa organisasi. Belum lagi, lokasi yang jauh dari pusat kota dan bising. Sehingga sangat cocok untuk melatih kesabaran, sikap, bahkan kondisi tersebut dapat memunculkan watak sesungguhnya.

Wisata kebun teh gunung dempo pagar alam
Nampak tenda-tenda berkemah di kaki Gunung Dempo (doc. Lim Suandi)


Sekilas Gunung Dempo Pagar Alam

Gunung Dempo, terletak di wilayah Pagar Alam - Provinsi Sumatera Selatan. Tepatnya berada diwilayah perbatasan provinsi Sumatera Selatan dengan provinsi Bengkulu. Ketinggian Gunung Dempo sendiri yakni 3.173 mdpl. Banyak masyarakat Pagar Alam bekerja sebagai petani sayuran, kopi dan beberapa bekerja di perkebunan teh.


Perlengkapan Wajib Menuju Dempo

Apa kalian sudah pernah berkunjung? Atau ingin membuat kegiatan di Dempo Pagar Alam? Alangkah baiknya menyiapkan beberapa perlengkapan berikut:

  • Tenda dan lainnya

Tenda dan segala isinya menjadi peralatan paling penting. Ya iyalah, penting banget. Apalagi harus bekemah di kaki Gunung Dempo Pagar Alam. Satu-satunya tempat berlindung dari hujan dan panas adalah tenda. Peralatan lain yang harus kamu bawa adalah matras, sleaping bag dan terpal.

lpm gelora sriwijaya
Nampak carrier yang telah diisi dengan tenda, peralatan masak, matras dan terpal (doc. Lim Suandi)


  • Perlengkapan Masak

Nah, ini penting demi keberlangsungan hidup. Peralatan masak yang harus dibawa berupa: Nesting (Penanak nasi). Kompor gas tabung, karena gas tabung mahal (mode perhitungan). 

Teman-teman organisasi mulai membawa tabung gas elpiji 3kg, hahaha. Kok bawa gas elpiji 3kg? ya, kita tidak akan mendaki ke puncak Dempo Pagar Alam kok. Jadi, membawa elpiji demi menghemat biaya pengeluaran. 

Siapa yang akan membawanya? Tenang,  barang seperti ini akan diantar pakai mobil truck, ya kami tetap jalan kaki kok 100 meter sebelum kampung 4, dan kurang lebih 1 kilometer dari kampung 4 menuju kaki Gunung Dempo.

  • Pakaian

Bawa pakaian secukupnya. Selama mengikuti kegiatan di Dempo Pagar Alam, saya dan teman-teman hanya membawa 2 baju dan 2 celana. Pertama yang dipakai selama tiga hari kegiatan, satunya lagi untuk berganti ketika selesai kegiatan dan akan berpulang. Sungguh, selama di Dempo Pagar Alam, badan tidak bau,tidak apek, tidak asem. Ini sungguh menakjubkan.

Selain baju dan celana, jangan lupa untuk memakai jaket tebal. Karena angin malam sungguh dingin dan menusuk kulit. Sungguh aku masuk angin dan beruntungnya ada yang siap siaga membantu. Hahaha

Perlengkapan lain yang perlu dibawa adalah sarung tangan, kaos kaki, sepatu mendaki, sikat gigi, botol minum (langsung minum air mengalir dari gunung), sleaping bag (eh sudah ya tadi). Jangan bawa hal-hal tidak penting. Ini si Viko malah bawa sabun cuci muka, masker wajah, minyak wangi (mau ngapain sih). Lah ada yang lebih menyebalkan, bawa boneka cantik loh.

  • Bahan Makanan

Demi apapaun, cuaca dingin di kaki Gunung Dempo Pagar Alam, sungguh membuat mager dan lapar berkepanjangan. Mau makan lagi, lagi dan lagi. Aku tu nggah paham lagi? (berasa selebgram lagi endorse makanan, hahaha).

Pastikan bahan makanan yang kamu bawa itu tidak cepat basi, bukan bahan lembek, terlalu ribet dimasak, bahkan butuh tenaga esktra. Masak iya kamu mau masak rendang, atau bahkan opor ayam yang riweh.

Wisata kebun teh gunung dempo pagar alam
Calon ibu-ibu yang dengan asyiknya masak sambil ngerumpi (doc. Lim Suandi)


Cukup membawa telur, masukan dalam beras agar tidak pecah, atau dipecahkan dan dimasukan dalam botol. Busuk nggak? Tenang bahan makanan ini langsung dimasak untuk hari pertama ketika sampai. Jadi kamu punya energi cukup melakukan kegiatan.

Perlu juga membawa beras, indomie, kecap, saos pedas, bubuk cabe, cabe, bawang-bawangan, minyak sayur, sosis, nugget, garam, kangkung, kol atau bayam. Bawak indomie udah paling bener deh. Nah jangan lupa pula, membawa bahan minuman tengah malam, seperti: Minuman saset, kopi, gula dan bahan tambahan seperti jahe merah.

  • Peralatan Keamanan

Perlu juga peralatan keamanan, sebagai menunjang kegiatan kamu. Biasanya kami membawa parang untuk mengambil kayu, membawa pisau untuk kepentingan memasak dan lainnya. Pastinya juga harus membawa senter, tali-talian, korek api (pemantik api), dan beberapa hal yang mungkin kamu pikir penting.


Biaya Perjalanan ke Pagar Alam

Jujur, sungguh jujur harus saya katakan. Perihal ongkos sungguh saya belum tau, lah kok bisa begitu? Sepanjang perjalanan bersama teman-teman organisasi, ongkos selalu ditanggung bersama. Ya ongkos bisa dibilang patungan. Selama perjalanan ke Gunung Dempo Pagar Alam biaya langsung tercover dengan biaya makan. Biasanya kami kumpul duit 180ribuan perorang. Biaya sudah termasuk ongkos naik bus pulang pergi, biaya makan, serta obatan-obatan yang mendukung kegiatan di kaki Gunung Dempo Pagar Alam.


Kegiatan Dikaki Gunung Dempo

Selama melakukan kegiatan di Dempo Pagar Alam, ada banyak hal yang kami lakukan. Mulai dari hal-hal yang receh, menyenangkan, sampai hal-hal cukup menegangkan. Berikut kegiatan yang biasanya kami lakukan:

  • Membangun Tenda

Setibanya dilokasi saat malam, mulailah membangun tenda. Syukur-syukur deh kalau cuaca lagi tidak bagus. Lah kok gitu? Ya kalau cuaca tidak bagus, tenda pastinya sudah dibangun oleh teman-teman yang duluan naik. Sungguh baik sekali mereka, membangun tenda duluan dan sudah membuat perapian, hahaha. Jadi tidak perlu lagi pasang pasak, pasang terpal, pasang matras dan lainnya.

Tapi kalau cuaca bagus dan cerah saaat malam. Ampun deh, harus bangun tenda dulu, harus menghidupkan api terlebi dahulu. Tapi tetap seru kok, dijamin deh.

Wisata kebun teh gunung dempo pagar alam
Air dari atas gunung, langsung minum. tapi nggak akan buat sakit perut (doc. Lim Suandi)

  • Membuat Minuman Hangat

Selesai membangun tenda, langsung masak air membuat minuman hangat. Malam ini sepertinya cukup mengisi perut dengan minuman hangat. Hingga esok hari disambut terbitnya matahari pagi, sungguh cantik sekali. Tapi karena aku orangnya terbiasa tidur kebo, sering tidak kebagian melihat sunset. Ini orang-orang pada jahat atau gimana ya? Kok bisanya kompak tidak membangunkanku.

  • Senam Pagi

Senam pagi, katanya sih. Pemanasan 15 menit, gerak-gerak badan ditempat. Goyang-goyang pinggul, sambil menghembuskan uap-uap dari mulut, sumpah deh berasa keren banget pagi itu. Nggak tau lagi, pokoknya berasa keren banget lah. Setelah itu dilanjutkan masak-masak dan makan pagi bersama. Tenang, ambil daun pisang yang ada dihutan sebagai alas untuk makan.

Wisata kebun teh gunung dempo pagar alam
ini aku yang selesai senam, langsung kabur nyari tempat foto bagus. hahaha (doc. Lim Suandi)


  • Berkunjung Kerumah Warga

Berkunjung kerumah waga kampung 4, ya cuma sekadar ngobrol. Tapi kalau mereka tidak ada dirumah, ya ngobrol dengan mereka saat sedang memetik daun-daun teh. Ngapain kerumah warga? Lah emang kagak boleh ya? Tenang berkunjung dan bertanya saja. Ternyata warga yang bekerja menjadi pemetik teh, bukan warga lokal loh. Mereka kebanyakan pendatang jauh dari pulau Jawa. Mereka juga sangat antusias ketika kita datang kerumah, dan mereka sangat senang bercerita tentang kehidupan selama di perkebunan teh Dempo Pagar Alam.

  • Evaluasi Dini Hari

Yeah ini penting, karena tujuan agenda ke Dempo Pagar Alam adalah evaluasi kinerja selama di organisasi. Kalau ada unek-unek bisa disampaikan ketika tengah malam itu. Terus menyampaikan kelakuan teman yang menyebalkan, aibnya boleh dibuka saat itu. Semuanya terasa plong dan pada akhirnya berjanji tidak akan mengulang kesalahan tersebut.

Akhirnya, setelah pulang orang-orang tetap melakukan hal-hal yang menyebalkan tersebut, hahahaha. Kan kan ingin ku berkata kasar.

Wisata kebun teh gunung dempo pagar alam
Kampung 4 saat cuaca bagus, langit biru dan sejuk banget coy meksipun terik (doc. Lim Suandi)

Wisata kebun teh gunung dempo pagar alam
ini kondisi kampung 4, ketika 5 menit sebelum hujan badai, kabut menyerbu dengan cepat coy (doc. Lim Suandi)

_________________________________________________
Saya bukan mahasiswa pecinta alam, bukan aktivis lingkungan. Cuma menikmati indahnya alam dan kekayaannya. Kalau kalian ingin berkunjung ke perkebunan teh Pagar Alam. Pastikan punya perencanaan yang bagus dan baik. Demi keselamatan dan kelancaran beraktivitas.

Oh iya, perlu diingat lagi bahwa, jika ingin melakukan piknik di sekitar kaki Gunung Dempo Pagar Alam. Harus izin terlebih dahulu dengan beberapa pihak. Mengingat tidak sembarang tempat  boleh mendirikan tenda. Kalau mau aman, ya bisa menyewa penginapan. Tapi ya begitulah, biaya cukup mahal. Solusinya punya teman pecinta alam atau warga Pagar Alam. 

Kamis, 18 Juni 2020

Serunya Arung Jeram Bersama Ranau Rafting

Serunya Arung Jeram Bersama Ranau Rafting


ranau rafting wisata arung jeram oku selatan
Selesai jalur pendek arung jeram menyusuri sungai selabung bersama Ranau Rafting (doc. Tim Ranau Rafting)

Limsuandi.com -- Pengalaman berwisata ke Danau Ranau bukanlah hal yang baru. Sebenarnya ini pengalaman sudah lama. Namun setelah dipikirkan lagi, sangat cocok dan masih layak untuk saya tuliskan. Siapa tau ada yang penasaran dan ingin mencoba bukan?

Berkunjung dan berwisata arung jeram bersama Ranau Rafting bukanlah kesengajaan. Semua terjadi secara tiba-tiba saja. Maksudnya semua tidak terencana sedikitpun. Awalnya kami hanya ingin melakukan perjalanan piknik dan membuat tenda di aliran Sungai Selabung. Tapi tau-tau ternyata di ajak oleh tertua (Bapak Abdan Syakur) berkunjung dan berkemah di Ranau Rafting.

Ide Perjalanan

Ini bukan perjalanan untuk senang-senang pikirku. Sebenarnya perjalanan ini terjadi atas dasar pertimbangan panjang, sebagai evaluasi dan ngetes (uji coba) seberapa egois dan mementingkan diri sendiri selama perjalanan. Perjalanan ini merupakan program kegiatan dari Lembaga Penelitian dan Pengambangan dari organisasi yang saya ikuti.

Sungguh saya membatin, bahkan tidak berniat untuk mengikuti agenda evaluasi kali ini. Akan tetapi, pemikiran saya mulai membayangkan hal lain. Kapan lagi mengikuti kegiatan perjalanan ke lokasi baru, lokasi perjalanan yang belum saya kunjungi. Akhirnya saya harus ikut meksipun pura-pura dipaksa. Hahaha

Persiapan Sebelum Perjalanan

Sebelum perjalanan dimulai, sudah disampaikan pelbagai informasi penting. Perihal apa saja yang harus disiapkan. Mulai dari barang yang harus dibawa, obat-obatan penting, barang pendukung, serta hal-hal apa saja yang harus dilakukan selama disana.

Oke, cukup mudah dipahami. Mengingat tidak ada hal-hal yang menjadi kendala. Iyalah, kan masih diwilayah lingkup Sumatera Selatan. Jadi masih bisa menggunakan bahasa yang sama-sama dimengerti.

Setelah semua barang sudah siap, mulai dari matras, tenda, peralatan masak, bahan-bahan makanan, jaket. Hal yang paling penting adalah membeli tiket kereta api. Kali ini kami harus menyerahkan urusan ini kepada tertua (Bapak Abdan Syakur) lagi.
tiket kereta api dari kertapati menuju stasiun baturaja
Tiket pemesanan perjelanan dari stasiun Kertapati menuju stasiun Baturaja (doc. Lim Suandi)


Awal Perjalanan

Malam, sebelum esoknya kami berangkat. Semua barang sudah kami satukan di sekretariat organisasi. Biar tidak repot, sebenarnya agar mempermudah keberangkatan besoknya. Karena keberangkatan kereta api kertapati besok pagi jam 08.30 WIB.

Maka kami sepakat, malamnya istirahat di sekretariat organisasi. Biar berangkat bersama dan tidak perlu ada lagi yang ditunggu. Serta tidak lupa memastikan kembali travel yang telah disewa, harus siap menjemput jam 06.00 WIB esok pagi dari Indralaya menuju Statisun Kereta Api Kertapati – Palembang.

Travel menunggu di stasiun kertapati
Foto sebelum keberangkatan, sebenarnya masih ada 4 orang lagi. tapi fotonya lenyap (doc. Viko Oktara)


Sungguh mengejutkan subuh-subuh. Lah, siapa sangka. Mamang Travel yang sudah sepakat untuk menjemput tiba-tiba membatalkan menjemput kami. Karena tetangganya ada musibah berpulang ke rahmatullah. Sehingga, sungguh tidak enak jika harus narik hari ini. Alhasil Mamang Travel ini merekomendasikan temannya untuk mengantarkan. Karena dikejar waktu, kami iya-iyakan saja, agar segera dijemput dan diantarkan sampai tujuan.

Sampai ditujuan malah kembali buntung. Ya harga travel naik dan jauh dari harga kesepakatan dengan mamang Travel sebelumnya. Tidak ingin berdebat terlalu lama, kami kasikan uang yang dia minta. Ah sungguh dongkol dan kesal pagi tersebut.

Catatan: Kalau kamu berpergian ke wilayah Palembang. Pastikan sebelum berangkat naik mobil atau motor ojek (bukan ojek online), harus sepakat harga terlebih dahulu ya, bahkan harus menyediakan uang pas.


Kegiatan Selama Dalam Kereta Api

Aku yang baru pertama kali berangkat dan melakukan perjalanan menggunakan Kereta Api Kertapati, sungguh ini perjalanan yang menyenangkan. Lah ini mata tidak mau istirahat, malah sepanjang jalan melototi pemandangan dan hal-hal yang belum saya lihat.

Sepanjang perjalanan ini kegiatan hanya ngobrol, tertawa, berfoto. Namun sungguh disayangkan foto-foto dari gaway lenyap. Musnah bersamaan dengan hilangnya gaway saya waktu itu. Sebenarnya sudah diarsip ke hardisk komputer organisasi. Namun lagi-lagi hardisk komputer organisasi gangguan hingga hari ini. Aw sungguh malang nasib fotonya.


Turun Kereta, Lanjutkan Perjalanan

Setibanya pada pemberhentian kereta stasiun Baturaja. Kami turun, sungguh ini pinggang rasa mau retak. 4 jam berjalanan yang sungguh menyiksa djiwa. Perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki terlebih dahulu. Kami keluar terminal Baturaja untuk mencari makan. Sampailah ditempat biasanya sang tertua (lagi lagi tertua hahaha) sering makan jika melakukan perjalanan. Saya kira harga makanan akan mahal, sungguh harganya lumayan murah dan enak banget lauknya.

Usai makan lanjut berjalan kaki, mencari sewa mobil yang mau mengantarkan. Siapa sangka tetaplah Bapak Abdan yang harus tawar menawar harga. Sepakat harga dan diantarkanlah kami ke lokasi Ranau Rafting, akhirnya sampai ketika matahari sudah redup. Kami langsung membangun tenda dan lainnya. Hingga malam langsung berbincang dengan seseorang yang tak dikenal (ternyata tim Ranau Rafting), mengobrol hingga larut malam.

ranau rafting wisata arung jeram oku selatan
Nyebur pagi dan berenang sampe kecut di aliran sungai selabung (doc. Piky Herdiansyah)


Pagi yang cerah, sungguh pemandangan yang menakjubkan. Aliran air sungai selabung yang riuh, sawah yang membentang luas. Semua kegiatan berjalan lancar dan menyenangkan. Hingga siangnya langsung bertemu dengan Tim Ranau Rafting perihal tujuan datang kesini. Langsung dong strategi marketing pengelola dijalankan (hehehe). Akhirnya kami tertarik untuk melakukan penyusuran sungai yakni kegiatan arung jeram bersama tim Ranau Rafting esok hari.

Hingga esok harinya, barulah kegiatan bersama Tim Ranau Rafting dimulai.


Informasi Sekilas Ranau Rafting

Ranau Rafting – River Tubing merupakan wisata arung jeram di aliran Sungai Selabung yang mulai beroperasi pada Oktober 2015. Ranau Rafting sendiri berada tepat di Desa Rantau Nipis, Kecamatan Banding Agung Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

Wisata Ranau Rafting sendiri berada dialiran sungai Selabung dari Desa Rantau Nipis Kecamatan Banding Agung sampai ke Kecamatan Makakau Ilir. Ada dua jalur yang ditawarkan, yakni jalur panjang dan jalur pendek.

Oh iya, jika kamu ingin menikmati arung jeram di Sungai Selabung bersama Ranau Rafting, usahakan kamu menghubungi pihak pengelola 3 hari sebelum keberangkatan kalian ke lokasi. Tujuannya agar mereka memberitahukan jadwal kosong dan waktu yang tepat agar pelayanan terbaik akan diberikan. Berapa biaya? Nanti ya akan kita bahas.


Pengalaman Menyusuri Sungai Selabung

Sebelum langsung menyusuri sungai Selabung kebanggan pemerintahan Ogan Komering Ulu Selatan ini. Kami dan kelompok  dilakukan breafing terlebih dahulu.

Hal pertama yang akan kalian dapatkan adalah wajib menggunakan jaket pelampung dan helm (tenang, akan dipinjamkan kok). Setelah memakai jaket pelampung dan memilih helm. Kalian akan diajak untuk melakukan pemanasan, agar tidak keram dan badan tidak kaku saat berada diperahu karet selama menyusuri sungai.

ranau rafting wisata arung jeram oku selatan
Pemanasan dan peregangan otot sebelum melakukan arung jeram bersama tim Ranau Rafting (doc. Tim Ranau Rafting)


Usai pemanasan, barulah kalian akan berangkat ke pangkal sungai sebagai start awal arung jeram. Jauh nggak? Ya cukup jauh kok. Tenang, kalian akan diantarkan oleh pihak Ranau Rafting. Karena biaya sudah termasuk dalam paket arung jeram yang kalian pilih. Naik mobil ke pangkal sungai, barulah perjalanan akan dimulai.

Perlu diketahui bahwa satu perahu terdiri dari 8 orang. 6 orang dari kelompok kita sendiri, serta 2 orang dari pihak Ranau rafting sebagai pemandu selama menyusuri sungai.

Ini pengalaman pertama saya melakukan arung jeram, menyusuri aliran Sungai Selabung. Saat kami berkunjung aliran sungai cukup tenang dengan debit air sedang. Selama beberapa kali perahu dihempas derasnya air, kami terbalik dan ditelan aliran air. Saya beberapa kali tersedak dan menelan air sungai. Sungguh inilah defenisi menyelam sambal minum air kata orang.

ranau rafting wisata arung jeram oku selatan
Pose sebelum menyusuri sungai selabung, sebelum dihempas derasnya air sungai (doc. Tim Ranau Rafting)


Setelah perjalanan panjang menyusuri sungai. Sungguh saya kaget, sangat disayangkan saat kami berhenti di air yang tenang. Ada feses (kotoran manusia) dalam perahu saya, saya sampai memberitahu ke teman saya akan hal tersebut. Jadi selama ini aku tertelan air berak? Ah sungguh disayangkan. Semoga tidak lagi ada yang buang hajat sembarangan (Kasus 2017 ya). Sepertinya sekarang sudah banyak perbaikan.

Akhirnya lanjut dengan arus yang cukup deras, hingga memasuki sungai yang dihimpit bebatuan dan pepohonan. Ya ampun, ini sungguh cantik dan luar biasa bagusnya. Ini hanya dapat diabadikan dengan mata dan pikiran. Kalau kamu punya kamera anti air, kamu bakal dapat pemandangan menakjubkan ini.

ranau rafting wisata arung jeram oku selatan
Nampak ada warga yang sedang mandi saat kami menyusuri sungai selabung (doc. Tim Ranau Rafting)


Karena kami memilih paket jalur pendek, akhirnya perjalanan usai dijalur pemberhentian. Naik ke atas tebing, yang pastinya sudah dijemput mobil dong. Sungguh capek dan badan terasa pegal. Sampainya dilokasi kemah Ranau Rafting, ternyata sudah terdapat gorengan dan teh hangat manis. Ini sungguh menyenagkan. Perut lapar dan langsung ada makanan, siapa sangka juga, makanan dan minuman ini adalah bagian dari paket yang dipilih. Sungguh wisata arung jarang sungai Selabung yang tidak akan mengecewakan.

ranau rafting wisata arung jeram oku selatan
Serunya dihempas gelombang air yang deras, ini sungguh menyenagkan (doc. Tim Ranau Rafting)



Biaya Arung Jeram Ranau Rafting

Paket Jalur Pendek Arung Jeram Ranau Rafting

Nah baru deh kita bahas biaya nih. Saat kami berkunjung dan berwisata Ranau Rafting, hanya terdapat 1 paket arung jeram. Yakni kami menggunakan paket jalur pendek. Biaya yang dibebankan 125ribu/orang. Jadi total 8 orang anggota kami adalah 1jt. Biaya yang cukup murah karena disediakan makan, minum dan transpotasi. Oh iya tidak lupa dong dapat foto dokumentasi dari Tim Ranau Rafting. Pastikan sebelum berangkat kalian membawa flasdisk atau memori hp kalian besar.


Paket Jalur Jauh Arung Jeram Ranau Rafting

Untuk biaya jauh akan dibebankan 250rb/orang dengan rute jauh dan pastinya sangat puas melakukan arung jeram. Fasilitasnya juga sama kok, transportasi, makan, minum dan dokumentasi. Nah mungkin ada tambahan pelayanan yang belum saya ketahui.


Catatan: Perihal paket arung jeram Ranau Rafting bisa berubah ya, tergantung waktu dan moment tertentu. Atau kalian dapat menghubungi Tim ranau Rafting.

ranau rafting wisata arung jeram oku selatan
Selesai pada jalur pendek arung jeram, karena jalur banyak saat itu belum dibuka (doc. Tim Ranau Rafting).

________________________________________________________
Jadi, wisata arung jeram menyusuri Sungai Selabung bersama Ranau Rafting sungguh menyenangkan. Kamu harus mencobanya jika sedang dan akan berkunjung ke Danau Ranau – OKU Selatan, Sumatera Selatan.

Jangan sungkan-sungkan, simpan saja dahulu kontak yang tertera di Instagram @ranauraftingadventure. Semoga kamu bisa arung jeram di Sungai Selabung. Selamat berwisata.


Rabu, 03 Juni 2020

Mudahnya Mendaftar NPWP Online, 15 Menit Selesai

Mudahnya Mendaftar NPWP Online, 15 Menit Selesai

Dunia semakin canggih, segala kemudahan selalu diciptakan bersamaan munculnya internet. Begitu pula dengan urusan membuat NPWP. Kemudahan dalam membuat NPWP dapat dilakukan dengan cara mendaftar Online, hanya membutuhkan waktu 15 menit saja. Syarat-syarat mendaftar NPWP online ternyata tidak sesulit yang kita pikirkan, cukup dengan beberapa berkas hasil scan atau file yang difoto.

cara mudah Mendaftar NPWP Online Palembang
Cara Mudah Mendaftar NPWP Online Tanpa Ribet dan Mudah (Foto: Google).


NPWP sangat penting. Mengingat saat ini, beberapa urusan administrasi dan pekerjaan mewajibkan memiliki NPWP. Ribetnya kalau kalau mau buat saat ingin mendaftar kerja, maka dari itu cicil berkasnya dari sekarang. oh iya, kalau mau mendaftar secara manual bisa, namun biasanya antrian yang cukup panjang dan membuat waktu anda habis hanya untuk antrian. Sehingga mendaftar NPWP online menjadi solusinya.

Sebelum melakukan pendaftaran NPWP online, ada baiknya memahami beberapa hal seputar NPWP.


Apa itu NPWP dan Fungsinya

Nomor Pokok Wajib Pajak atau biasa disingkat menjadi NPWP (Tax Identification Number), adalah rangkaian digit nomor yang diberikan kepada wajib pajak (WP) sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.


Apa Itu NPWP Pribadi atau Badan Usaha

NPWP pribadi atau NPWP Badan Usaha merupakan Nomor Pokok Wajib Pajak yang diberikan Ditjen Pajak untuk perorangan atau badan usaha. Wajib pajak orang atau badan usaha tersebut membutuhkan NPWP sebagai kartu identitas resmi untuk melakukan transaksi perpajakan seperti hitung, setor, serta laporan pajak pribadi dan tidak ditujukan untuk transaksi perpajakan badan usaha.

Baca Juga: Pengalaman Bayar Pajak Kendaraan di Samsat PS Mall Palembang

Apa Mahasiswa Harus Punya NPWP

Sering kali mungkin kamu mikir, apa mahasiswa wajib punya NPWP. Tapikan belum kerja, belum punya penghasilan.

Tenang, bukan hanya kamu yang berpikiran demikian. Aku juga sering berpikir hal tersebut. Pada dasarnya apabila mahasiswa tidak memiliki penghasilan sendiri, tidak akan ada kewajiban untuk melakukan bayar pajak dan melaporkan SPT Tahunan Wajib Pajak, bukan berarti mempunyai NPWP adalah hal tidak berguna. Justru selagi mahasiswa memiliki NPWP bagus banget. Bakal ada banyak keuntungan kedepannya. Nanti kita bahas selanjutnya perihal manfaat memiliki NPWP.

cara mudah Mendaftar NPWP Online Palembang
Mudahnya mendaftar NPWP online, ada banyak keuntungan jika memiliki NPWP (Foto: Google)


Berapa Lama Pembuatan NPWP Pribadi?

Tidak perlu waktu yang lama, cukup satu hari jam kerja jika mengurus NPWP secara manual di KPP terdekat tempat kamu tinggal, serta biaya gratis. Kalau mendaftar secara online cukup butuh waktu 15 menit sudah mendapatkan NPWP, namun kartu akan dikirimkan melalui pos dan beberapa minggu baru sampai, kalaupun belum dikirimkan cukup datang ke KPP terdaftar dan membawa bukti pendaftaran NPWP online yang telah dicetak.

Kartu NPWP akan dikirimkan sesuai dengan alamat kalian melalui pos. Hal ini berlaku jika merasa lokasi KPP terlalu jauh, namun jika lokasi dekat cukup datang dan membawa bukti cetak pendaftaran online.


Berapa Biaya Pembuatan NPWP

Ini paling penting juga untuk diketahui, bahwa biaya mengurus NPWP adalah gratis. Baik melakukan pembuatan NPWP secara manual maupun online ya. Kantor pajak tidak akan memungut biaya apapun atas jasa pembuatan NPWP.

cara mudah Mendaftar NPWP Online Palembang
Gratis biaya mengurus NPWP, baik mengurus pembuatan NPWP secara manual maupun online (Foto :Google).


Syarat Daftar NPWP Online

Sebelum melakukan pendaftaran online, ada baiknya juga menyiapkan berkasnya terlebih dahulu. Biar saat mendaftar tidak perlu lagi mencarinya. Jadi alangkah baiknya berkas tersebut sudah siap dalam bentuk scan atau jpg. Oh iya perlu diketahui lagi, bahwa pendaftaran online NPWP hanya berlaku bagi wajib pajak pribadi. Jadi syarat ini hanya untuk pembuatan NPWP pribadi, berikut berkas yang harus disiapkan:

  1. Email yang masih aktif, karena link registrasi, konfirmasi dan aktivasi akan dikirimkan melalui email yang akan digunakan dalam mendaftar akun NPWP online.
  2. Scan E-KTP anda dengan jelas dan tidak buram.
  3. Scan Keterangan Kerja dari tempat anda bekerja (khusus untuk karyawan)
  4. Scan SK PNS (khusus untuk ASN)
  5. Surat Keteragan Usaha atau SIUP (khusus untuk wiraswasta)

Catatan: Bagi mahasiswa cukup scan E-KTP dan email aktif.


Cara Mendaftar NPWP Online

Sangat mudah mendaftar NPWP online, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja. Dengan catatan koneksi internet kalian baik. Tenang, pendaftaran NPWP online bisa menggunakan HP android kamu.

Pendaftaran NPWP online sendiri terbagi menjadi tiga fase penting, tahap tersebut adalah:

  1. Pendaftaran Akun NPWP Online
  2. Pengisian Formulir NPWP Online
  3. Penyampaian Formulir NPWP Online.


Oke lanjut, berikut Cara Mendaftar NPWP Online:

  • Masuk ke Situs Ereg Pajak
Masuk ke situs pendaftaran NPWP online, yakni situs Ereg.pajak.go.id (sebagai langkah pertama, masukan email yang akan anda gunakan dan masukan kode captha yang muncul di kolom tersebut, setelah sudah benar silakan klik daftar.

cara mudah Mendaftar NPWP Online Palembang
Isi email yang akan digunakan saat mendaftar NPWP Online (Foto: Lim Suandi)


    cara mudah Mendaftar NPWP Online Palembang
    Klik email verifikasi, selanjutnya isi lengkap semua data. Perihal pekerjaan, yang belum bekerja bisa isi pegawai swasta (Foto: Lim Suandi)
  • Lalu, buka email anda. Akan ada email masuk sebagai aktifasi pendaftaran awal anda. Buka email tersebut, kemudian klik tulisan warna biru "link verifikasi" atau klik link yang telah disediakan dari ereg.
  • Selanjutnya isi lengkap data pribadi anda, alamat, tempat bekerja, penghasilan dan sebagaiannya. Hingga semua terisi dengan benar. **catatan bagi mahasiswa, mengisi pekerjaan bisa memilih pegawai swasta.
  • Selesaikan semua tahap pengisian, jika telah selesai, klik “Submit”.
  • Cek kembali email anda, akan terdapat email yang berisi nomor transaksi dari Ditjen Pajak. Selanjutnya klik email masuk tersebut dan akan muncul halaman baru.
  • Muncul Halaman Berikut, klik “Minta Token”, dan cek kembali email masuk anda dan copy kode yang ada.
cara mudah Mendaftar NPWP Online Palembang
Minta token untuk mendapatkan kode digit untuk dimasukan saat melakukan pengiriman permohonan (Foto: Lim Suandi)

  • Kirimkan Permohonan. Kembali ke halaman sebelumnya, klik “kirimkan Permohonan” dengan memasukkan kode token yang telah didapatkan.
  • Selesai (anda akan mendaptkan email berisikan ucapan terima kasih karena telah mendaftar sebagai wajib pajak. Dalam email tersebut juga akan menunjukan NPWP anda.

cara mudah Mendaftar NPWP Online Palembang
Selamat kamu sudah memiliki NPWP, kartu fisik dapat kamu ambil ke KPP cabang kamu terdaftar (Foto: Lim Suandi)


Catatan: jika dalam waktu sebulan belum mendapatkan kartu fisik NPWP. Cukup datang ke KPP terdaftar dengan membawa bukti cetak pendaftaran anda sudah diterima.


Mengapa Harus membayar Pajak?

Sebagai warga negara yang baik, perilaku membayar pajak sesuai dengan ketentuan memanglah harus dilakukan. Kita membayar pajak sebagai kontribusi membangun negara, meningkatkan kesejahteraan bersama. Karena kitalah yang sangat berperan besar dalam membangun negara, pemerintah hanya sebagai lembaga yang mengelola. Dari pajak kitalah negara akan membangun jembatan, jalan-jalan raya bahkan menggaji ASN, serta aparatur keamanan.


Manfaat Kepemilikan NPWP

Pemahaman mengenai manfaat NPWP belum sepenuhnya dimengerti masyarakat. Sekalipun seseorang dengan status pendidikan yang baik, juga ada yang tidak memahami fungsi kepemilikan dan manfaat NPWP.

Perihal NPWP, ada banyak keuntungan bagi seseorang apabila memiliki NPWP. Manfaat tersebut dapat dilihat dalam perihal yang berhubungan dengan finansial atau keuangan. Misalnya perihal dalam melakukan peminjaman kredit bank, pembelian saham, mendaftar akun dipasar uang.
Setidaknya, berikut manfaat memiliki NPWP:

  • Syarat Administrasi

Dengan adanya NPWP, seseorang akan dengan mudah melakukan kegiatan yang berhubungan dengan proses administrasi. Karena saat ini, banyak administrasi keuangan yang mensyaratkan NPWP sebagai salah satu syarat wajib dalam berbagai urusan. Seperti beberapa instansi bank. Memasukan NPWP sebagai syarat dokumen pendukung dalam mengurus administrasi.


  • Kredit Bank

Apabila seseorang akan mengajukan kredit ke bank, maka syarat yang diperlukan adalah memiliki NPWP. Nomor Pokok wajib pajak tersebut dibutuhkan saat akan melakukan pinjaman, hal ini bertujuan penting bagi pihak bank, dengan adanya NPWP akan menunjukan nasabah tersebut merupakan taat pajak atau sebaliknya.

Dengan adanya NPWP, segala urusan kredit akan menjadi lebih cepat. Mulai dari Kredit Kepemilikan rumah (KPR), Kartu Kredit, Kredit Multiguna, Kredit Kendaraan bermotor. Dengan adanya NPWP tersebut akan membuat pihak bank berani memberikan pinjaman diatas 50jt.



  • Rekening Dana Nasabah (RDN)

Rekening Dana Nasabah (RDN) merupakan rekening yang dibuka di bank tertentu atas nama nasabah yang bertujuan untuk melakukan investasi. RDN juga sering disebut dengan sebutan Rekening Dana Investor (RDI), rekening tersebut hanya dapat digunakan untuk memfasilitasi seseorang dalam melakukan transaksi jual beli produk investasi seperti saham, reksadana, obligasi.

Sehingga jika seseorang tidak memiliki NPWP, maka tidak akan dapat melakukan kegiatan jual beli dipasar modal.

Baca Juga: Alasan dan Pengalaman Pertama Investasi Reksadana di Bareksa


  • Pembuatan SIUP

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) merupakan surat izin usaha yang dimiliki seseorang guna melancarkan urusan usaha dagangnya dalam skala lebih luas. Surat dagang tersebut berfungsi sebagai bukti sah usaha yang dimiliki seseorang yang resmi dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat atau lembaga berbadan hukum. Sehingga penting memiliki NPWP agar usaha sewaktu-waktu ada hal yang tidak diinginkan dapat terbukti legal.


  • Mempermudah Urusan Pajak

Manfaat lainnya adalah berhubungan dengan segala urusan perpajakan. Dengan adanya NPWP, seseorang akan dengan mudah mengurusi restitusi pajak, pengajuan pengurangan pajak, mengetahui jumlah pajak yang harus dibayarkan, pemotongan pajak yang rendah, serta banyak hal lainnya.


-----------------------------------------------------------------------------------------------
Setidaknya begitulah cara mendaftar pajak online, saya masih mahasiswa namun mendaftar pajak online dengan tujuan agar mendapatkan lebih banyak kemudahan kedepannya. Manfaatnya bukan sekarang, setidaknya beberapa urusan administrasi yang berhubungan dengan NPWP mudah bagi saya.


Daftar NPWP online Palembang juga dapat dilakukan pada website yang sudah saya jelaskan diatas. Begitupun daftar NPWP online Kayuagung ataupun wilayah lainnya dapat dilakukan dengan situs tersebut. Lokasi KPP akan ditentukan berdasarkan NIK asal KTP anda dibuat. Selamat mendaftar NPWP online.

Travel

Film

Buku