5 Hal Didapatkan Setelah Mengikuti SKPP Bawaslu Tingkat Dasar 2021

Sekolah Kader Pengawas Partisipatif 2021 di Kabupaten Banyuasin | Lim Suandi | Limsuandi.com | Ihsan Hamidi
Peserta SKPP Kabupaten OKI 2021 Bersama Ketua Bawaslu Kab. OKI Bapak Ihsan Hamidi,S.Ag., M.Pdi (Foto: Panita)


Ada banyal yang rasanya perlu saya tuliskan, namun nyatanya ingatan untuk menulis A tapi sepertinya bagus B, bahkan lebih enak cara C. Ya sampai akhirnya, lebih baik saya tuliskan dengan cara yang lebih nyaman dirasakan.

Tulisan ini sepenuhnya pengalam saya ketika mengikuti kegiatn SKPP Bawaslu 2021 di titik 1 Kota Palembang atau SKPP Bawaslu Kabupaten Banyuasin. Kegiatan yang sangat menarik dan menambah wawasan bagi saya, mungkin juga bagi para peserta lainnya. Setidaknya cukup banyak hal yang saya dapatkan ketika mengikuti kegiatan ini.

Sebelum membahas apa yang saya dapatkan selama kegiatan, sebaiknya kita pahami beberapa hal berikut:

Apa Itu SKPP?

SKPP merupakan singakatn dari “Sekolah Kader Pengawas Partisipatif”


Tingkatan SKPP

Untuk tingkatan SKPP Bawaslu sendiri terbagi menjadi 3 tahapan, (1) Tingkatan Dasar, yang mana pada tingkatan ini, materi yang diangkat adalah materi penumbuhan tingkat kesadaran masyarakat sebagai pengawas partisipatif dari kegiatan pemilu nantinya, membahas fungsi dan tujuan bawaslu itu sendiri. (2) Tingkatan Menengah, materi yang di dapatkan berupa penindakkan atau pemantauan terhadap proses penyelenggaraan pemilu, pengawasan jika terdapat permasalahan serta penyelesaian sengketa pemilu, kalau saya baca dari rowndown acaranya terdapat simulasi dan pemecahan masalah pada setiap sesinya, sungguh materi yang rasanya sangat menarik. (3) Tingkat Lanjutan, ini tingkatan terakhir dan saya sendiri belum tau materi yang akan didapatkan mengingat memang tidak mengetahuinya. Ya saya sendiri hanya lolos sampai tingkat dasar. Orang yang mengikuti kegiatan ini sungguh hebat semua, apalagi sampai lolos ke tahap menengah.


Tujuan Kegiatan SKPP

Adapun tujuan dari kegiatan SKPP Bawaslu sendiri adalah membangun kader-kader yang berwawasan dan memiliki pengetahuan seputar Kepemiluan. Sehingga tindakan-tindakan yang akan dilakukan lebih terukur dan terarah sesuai dengan fungsi Bawaslu. Syukur-syukur menjadi pihak yang memberikan wawasan kepada orang-orang disekitarnya, mengingat pentingnya mengedukasi masyarakat untuk berpartisipasi menjadi pengawas berjalannya keadilan pemilu.


SKPP Bawaslu Republik Indonesia 2021

SKPP Bawaslu RI 2021 dilakukan serentak di Indonesia, dimulai pada Mei hingga Oktober 2021, dengan titik lokasi terbagi menjadi 100 titik se-Indonesia. Bahkan Sumatera Selatan medapatkan 2 titik pelatihan, pertama titik 1 yang berada di Banyuasin (dengan peserta SKPP berasal dari Palembang, Kab. Banyuasin, Kab. OKI) dan titik 2 di Muara Enim (dengan peserta SKPP berasal dari Kab. Muara Enim, Kota Prabumulih dan Kab. Lahat)

 

5 hal yang di dapatkan setelah mengikuti SKPP Bawaslu Tingkat Dasar 2021 di Titik 1 Sumatera Selatan.

Setiap orang punya pengalaman tersendiri, apa yang di dapatkan selama mengikuti kegiatan ini. Setidaknya terdapat beberapa hal yang menjadi kesan tersendiri bagi saya. Berikut hal-hal yang didapatkan selama mengikuti kegiatan SKPP Bawaslu 2021 di titik 1 Sumatera Selatan:

Sekolah Kader Pengawas Partisipatif 2021 di Kabupaten Banyuasin | Lim Suandi | Limsuandi.com | Ihsan Hamidi
Kelompok 1: Ketika Games Perkenalan dan Mengingat Nama Anggota Kelompok (Foto: Panita)


Wawasan dan Pengetahuan

Disetiap kegiatan apapun, pastilah wawasan dan pengetahuan baru akan didapatkan oleh peserta kegiatan. Begitu pun dengan kegiatan SKPP Bawaslu 2021 titik 1 Sumatera Selatan Tingkat Dasar. Setidaknya wawasan dan pengetahuan seputar fungsi dan tujuan Bawaslu sudah saya pahami. Sehingga saya dapat menyampaikan kembali apa yang sudah saya dapatkan kepada orang-orang terdekat, yakni sebagai masyarakat yang sadar akan pentingnya partisipatif dalam pengawasan pemilihan umum yang berkeadilan.


Bertemu Orang-orang Baru dan Hebat

Kegiatan SKPP Bawaslu 2021 di Sumatera Selatan banyak peminatnya, terpilih dari ratusan pendaftar adalah hal yang saya rasa sudah sangat menyenangkan. Mengapa demikian? pemilihan peserta kegiatan ini berdasarkan Pendidikan, organisasi. Bahkan proses seleksi menggunakan CV. Setelah masuk dan menjadi peserta dalam kegiatan, bukan main orang-orang yang memang saya rasa hebat semua. Mulai dari yang masih aktif mahasiswa, Strata 2, Advokat, Guru, Pegawai Swasata, serta masih banyak lagi. Karena memang tidak begitu banyak yang saya kenal.

Sekolah Kader Pengawas Partisipatif 2021 di Kabupaten Banyuasin | Lim Suandi | Limsuandi.com
Pembagian Hadiah Menang Yel-yel (juara 3) dan Poin Terbaik Kelompok (Juara 2). (Foto: Panita)


Kepercayaan Diri

Sesuai dengan slogan blog Lim Suandi “A Man Behind The Scenes”. Bisa dibilang saya adalah orang yang lebih senang berada dibalik layar. Malu untuk bertemu dengan orang-orang baru dan merasa memiliki banyak kekurangan. Akan tetapi, setelah mengikuti kegiatan ini, rasanya saya sangat senang, karena bertemu orang-orang baru dan hebat. Rasanya, saya harus lebih percaya diri untuk menggali potensi diri yang baru. Serta harus menumbuhkan rasa percaya diri akan kemampuan yang dimiliki. terlebih saya harus percaya diri untuk belajar dari mereka yang sangat baik dalam mengemukakan pendapat.


Memperbaiki Publik Speaking

Saya sendiri paling minder dengan vocal dan karakter suara. Ya, bisa dibilang saya tidak percaya diri. Rasa-rasanya kalau dulu, lebih baik saya dibelakang layar dari pada harus tampil didepan dan berbicara.  Sayangnya semua hal mulai berubah, saya harus memperbaiki cara berbicara yang baik, agar dapat menunjang kemampuan menyampaikan informasi kepada khalayak umum. Sehingga tujuan dari menyampaikan ide dan gagasan saya secara oral tersampaikan, bukan hanya secara verbal seperti tulisan ini.

Saya lihat peserta yang mengikuti pelatihan SKPP Bawaslu 2021 ini sungguh bagus-bagus. Saya kagum dan sangat ingin menjadi sebaik mereka semua.

Sekolah Kader Pengawas Partisipatif 2021 di Kabupaten Banyuasin | Lim Suandi | Limsuandi.com
Diskusi Kelompok, Peserta SKPP Kabupaten OKI 2021 (Foto: Panita)


Relasi Baru, Bertemu Kembali.

Saya manusia yang menganut kepercayaan “Siapapun yang bertemu saya secara baik, esok hari nanti akan dipertemukan kembali secara baik-baik dalam kegiatan dan forum yang lebih baik”.

 

Prinsip yang selalu saya percaya dan saya jaga dengan baiknya. Kenyataanya benar sih, setidaknya saya bertemu dengan orang-orang yang pernah saya temui 5 bahkan 7 tahun lalu loh. Bertemu kembali dalam 1 kegiatan SKPP Bawaslu 2021 kali ini. Mungkin nanti akan bertemu kembali pada kegiatan-kegiatan lainnya – Aamiin.

 

Jadi, begitulah hal-hal yang saya dapatkan ketika mengikuti SKPP Bawaslu 2021 di Sumatera Selatan. Setidaknya banyak hal yang dirasakan dan cukup sulit dijelaskan dalam bentuk tulisan. Terima kasih sudah membaca blog limsuandi.com.

Sekolah Kader Pengawas Partisipatif 2021 di Kabupaten Banyuasin | Lim Suandi | Limsuandi.com
Bonus Foto Ketika Persembahan Yel-yel Kelompok (Foto: Panita)


Lim Suandi

Freelancer wedding fotografi, menulis blog untuk menyampaikan pemikiran yang terpendam. Dapat dihubungi melalui sosial media tertera, atau email Limsuandi.com@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama