6 Cara Menghasilkan Uang Bagi Mahasiswa

Lim Suandi – Bertambahnya semester dalam menempuh pendidikan, maka semakin banyak hal yang kini mulai dibutuhkan. Sedangkan kondisi keuangan keluarga mulai menipis, kamu juga belum bisa bekerja secara waktu penuh. Sebenarnya kamu tetap dapat bekerja kecil-kecilan sambil melakukan aktivitas perkuliahan.
Cara menghasilkan uang selagi kuliyah
Cara menghasilkan uang selagi kuliyah (doc. Freepik)


Bahkan kamu bisa mendapatkan uang dari kampus sambil beprestasi juga loh. Kali ini Blog Lim Suandi bakal memberikan tips cara mendapatkan uang dari kampus atau cara mendapatkan uang sambil kuliah.

Daftar Isi : Tenang kok, cara mendapatkan uang dari kampus ini bagus dan positif. Pastinya bukan cara mencuri atau hal-hal yang berbau kriminal, apalagi kader-kader cari korban berantai (jauh sana).

Cara mendapatakn uang selama kuliah bisa di terapkan di kampus mana saja. Baik kampus swasta maupun kampus negeri. Oke baiklah, berikut ini tips dari Lim Suandi kepada para mahasiswa dimana saja yang mungkin tersesat ditulisan ini. Tips medapatkan uang dikampus.


Mengikuti Kompetisi

Tips pertama mendapatkan uang dari kampus ini sungguh cukup ampuh, hanya saja perjuangan mendapatkannya butuh kerja keras. Kamu bisa mengikuti lomba gratis berhadiah yang diadakan oleh organisasi dalam kampus maupun diluar kampus.

Nah syukur-syukur kamu memang ahli dibidang lomba tersebut. Syukur-syukur juga jika lomba hanya mengadakan sekali pertarungan. Namun, jika kompetisi membutuhkan perjalanan yang cukup Panjang. Makan perjuanganmu juga harus lebih Panjang alurnya. Misalnya kamu mengikuti lomba: Debat Nasional, Essay Nasional, Kompetisi Robot, Kompetisi Baca Tulis Al Quran, atau kompetisi menulis dengan skala luar kampus dan jauh. 

Maka proses perjuangan kamu lanjut ke kampus untuk mengurus berkas proposal sponsor untuk dibantu keberangkatan. Ketika lolos tahap awal kompetisi nasional, segera urus berkas dan buat proposal lomba tersebut. Kemudian ajukan proposal lomba yang kamu ikuti, biaya transportasi, serta bukti memang kamu lolos menjadi peserta kompetisi tersebut. Berdasarkan pengalaman dana akan disetujui sekitar 80% dari yang kamu ajukan.

Lim Suandi
Salah satu kegiatan yang dibantu pendanaan Kampus, Pelatihan Jurnalistik di Pers Detak - Unsyiah Kuala - Aceh



Ya kamu berjuang dengan dana sendiri, kalau menang nanti duit kamu kembali. Pastikan juga kalian (baca kamu) bisa menang. Kalaupun kalah ya tidak masalah kok. Yang penting ada laporan dan bukti kalian memang mengikuti lomba tersebut. Karena pencairan dana kalian setelah kalian melakukan laporan pertanggungjawaban dengan melampirkan bukti. Jadi pakai dana sendiri ketika berangkat.

Lebih bagus kalau kalian menang kompetisi, karena biasanya kampus akan senang. Bahkan pegawai yang mengurus proposal lomba akan dengan senang hati membantu mengurus proposal kamu selanjutnya. Selain menang, akan ada bonus kepada mahasiswa pemenang lomba. Biasanya sih di acara dies natalis kampus (dikasi duit lagi loh).

Apa yang bakal kamu dapat? Selain bisa jalan-jalan gratis, kamu punya teman baru dikampus luar, dikenal pegawai kampus, kalau menang lomba bakal dapat uang lagi, pastinya dikenal banyak orang deh. Ya prosesnya memang tidaklah mudah, tapi sebanding dengan yang akan kamu dapatkan.

Jadi apa kamu tertarik ikut kompetisi secara nasional?
 

Mengikuti Penelitian dan Pengabdian Lembaga Profit atau Dosen

Selain mengikuti kompetisi lomba. Kamu juga dapat mengikuti penelitian Lembaga atau pengabdian dosen. Kadang sejujurnya juga membuat kamu kecipratan. Namun jangan coba-coba tips ini, kalau kamu nggak kuat. Karena selain memiliki wawasan yang luas, kamu juga harus pintar dan sudah dikenal oleh Lembaga penelitian atau Dosen tersebut. Namanya juga ikut penelitian dosen, cukup besar tanggung jawabnya. Selain harus menjaga etika kamu sehari-hari, kamu juga harus memiliki citra yang baik di kampus.

Intinya akademik kamu bagus, terkenal, dan punya hubungan yang dekat dengan Dosen atau Lembaga penelitian. Survey penelitiannya bisa dilakukan Jumat, Sabtu dan Minggu. Apalagi kamu jago mengelola data kuantitatif, makin sering deh kamu diajak. Ini kasus teman saya yang mengikuti penelitian dosen, saya mah tidak pernah ikut penelitian.

 

Mengikuti Program Wirausaha Kampus

Sudah tau belum kalau kampus punya program mahasiswa wirausaha? Kalau dikampus swasta atau dari Kemenag belum tau saya. Tapi dikampus negeri ada program ini. Nah program mahasiswa wirausaha ini biasanya melakukan beberapa tahap seleksi proposal usaha, persentasi usaha yang kamu ajukan dan usaha mahasiswa yang mengajukan akan di monitor selama program tersebut berlangsung.

Biasanya program ini berjalan selama 1 semester, serta akan dilakukan evaluasi serta laporan di akhir tahun. Jadi seleksinya sungguh ketat dan cukup banyak saingannya. Pastikan proposal usaha kamu unik, atau usaha tersebut memang sudah berjalan cukup lama. Dilengkapi dengan bukti barang jualan, akun kamu berjualan, bahkan kalau lolos tahap selanjutnya bakal membawa produk dari proposal kamu untuk persentasi untuk didanai.

Lim Suandi
Wirausaha program kampus, pameran ketika ada kegiatan kampus. Ada ratusan mahasiswa dibantu wirausahanya.



Misalnya nih, kamu punya usaha jualan donat ubi ungu. Tuh kan biasnya jarang ada yang jual donat dari ubi ungu. Nah usaha kamu ini sudah berjalan cukup lama. Tapi sedikit terkendala karena biaya produksi yang tidak cukup. padahal peminat donatnya sudah banyak. Jadi usaha ini bagus menurut kalian, yang beli juga banyak (sertakan bukti). Kalian hanya butuh biaya tambahan untuk produksi, silahkan ajukan.

Kalau lolos seleksi proposal berkas, biasanya kalian akan ke tahap persentasi produk. Disinilah tampilan dan citarasa di uji. Pastikan memang enak dan layak jual. Usaha lain? Bisa kok, baik usaha jualan online atau usaha jualan jasa. Asal ada pangsa pasarnya dan laku untuk dijual.

Harus jujur, karena jualan kalian akan di minta laporan tahunan oleh Lembaga yang mengurus wirausaha. Syukur-syukur usaha kamu makin berkembang. Alhamdulilah nih, ada program wirausaha ini. Karena program inilah saya mendapatkan dana tambahan untuk membeli perlengkapan usaha yang saya lakukan. Saya mengajukan jasa foto Lim Potret ke kampus ketika seleksi program mahasiswa wirausaha.

 

Beasiswa

Beasiswa memang diperuntuhkan untuk yang benar membutuhkan. Selama jenis beasiswa yang kamu ikuti adalah beasiswa prestasi akademik. Silahkan ikuti seleksinya.

Nah pastikan ketika kamu mendapatkan beasiswa tersebut, benar-benar uangnya kamu manfaatkan dengan bijak. Misalnya sebagai modal usaha atau untuk menambah ilmu kamu. Saya sebenarnya medapatkan beasiswa, nah uang dari beasiswa tersebut, selain untuk bayar kost dan membeli buku. Saya buat menjadi modal usaha menambah alat-alat kamera. Ada juga nih teman gunakan untuk beli barang di marketplace, kemudian dijualnya kembali (seperti baju, alat kecantikan, dll).

 

Wirausaha Mandiri

Ini adalah inti dari nomor 3 dan 4 diatas. Usaha mandiri paling penting banget. Teman saya mengikuti program usaha dari kampus, dan mendapatkan beasiswa. Wah banyak banget dapat duitnya. Kamu tau apa usahanya?

Dia mahasiswa Ilmu Komputer, jadi ia membuka usaha servis, install ulang laptop berserta aplikasinya. Bahkan kerjasama dengan kenalannya yang menjual laptop baru dan bekas berkualitas di Jakarta. Kalau ada yang beli tinggal bilang mau yang bekas atau baru dengan spesifikasi yang dicari. Hasilnya, selagi menjadi mahasiswa udah punya usaha sendiri, keren pokoknya.

 

Menjadi Konten Kreator

Ini jurus terakhir dari blog Lim Suandi. Kamu harus punya wawasan dan kesukaan yang spesifik untuk menjadi seorang konten kreator. Kamu jago makeup? Kamu bisa jadi beauty blogger, atau beauty vlogger di youtube. Kamu review produk kecantikkan yang bermanfaat.

Kalau review kamu bagus, tidak sembarangan. Pasti banyak yang suka, syukur-syukur ada brand yang mau menawarkan produk mereka ke kamu untuk di ulas. Terpenting buatlah konten yang kamu suka dan bisa. Sayangnya prosesnya tidaklah mudah, menjadi konten kreator butuh perjuangan panjang loh. Yang penting konten yang kamu buat adalah benar kamu suka dan bermanfaat untuk banyak orang.

 

Kesimpulan

Intinya jangan melakukan hal demikian hanya untuk tujuan mencari uang ya. Ambil sisi positifnya, jadikan sebagai ajang bagi kamu untuk membuka usaha dan mengembangkan usaha yang kamu punya atau usaha yang ingin kamu buka.

Pastinya jika kamu punya pengalam membuka usaha, akan membuat kamu terbuka dengan peluang-peluang yang cukup menguntungkan buat kamu dan tidak merugikan orang lain. Boleh cari duit selagi bukan penipuan dan tidak merugikan orang lain.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama