3 Perguruan Tinggi di Ogan Komering ilir Yang Harus Kamu Ketahui

Pendidikan, merupakan aset berharga tak benda yang sangat penting. Sebagai kekayaan intelektual yang tidak akan dapat dicuri siapapun. Justru ilmu pengetahuan yang diajarkan dan dibagikan, akan membuat pengetahuan seseorang semakin bermanfaat. Pendidikan tidak dapat dipisahkan dari suatu lembaga sebagai tempat seseorang menuntut ilmu. Sehingga tulisan ini akan meringkas tentang daftar perguruan tinggi yang berada di Kabupaten Ogan Komering Ilir – Sumatera Selatan.




Pengertian Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi merupakan tempat pendidikan dan pengajaran tingkat tinggi. Juga diartikan sebagai tahap akhir opsional pada pendidikan formal, bisa berbentuk universitas, akademi, seminari, collegas, institute teknologi ataupun sekolah musik.

Berdasarkan kepemilikan, perguruan tinggi terbagi menjadi dua, yaitu: Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Program yang diselenggarakan dapat berupa jenjang diploma, Sarjana, Magister, Doktor, Spesialis.

Di Indonesia sendiri ada ribuan perguruan tinggi yang terbagi dalam beberapa kategori, seperti: Akademi, Politkenik, Sekolah Tinggi, Institut, Universitas dan Akademi Komunitas.

Grafik jumlah perguruan tinggi di Sumatera Selatan. Akses di Pangkalan Data Pendindikan Tinggi
Grafik jumlah perguruan tinggi di Sumatera Selatan. Akses di Pangkalan Data Pendindikan Tinggi (Akses 9 Mei 2020).


Perguruan Tinggi di Ogan Komering Ilir

Sungguh kita perlu mengetahui, bahwa di Ogan Komering Ilir juga terdapat perguruan tinggi. Mungkin tidak banyak yang mengetahuinya. Sebenarnya bukan karena tidak tau, tetapi banyak orang yang tidak ingin mencari tau.

Sejujurnya pula, untuk mengakses informasi perihal perguruan tinggi di Ogan Komering Ilir cukup terbatas. Hal ini dikarenakan, tidak begitu banyak tulisan yang membahasnya. Ketika mencari informasi lengkap perihal perguruan tingggi di Ogan Komering ilir sungguh harus mencari satu-satu. Sehingga saya disini terpikir untuk merangkumnya menjadi daftar perguruan tinggi di Ogan Komering Ilir. Agar siapapun yang mencari dapat mengetahui informasi sekilasnya.

Jika suatu hari nanti ada kesempatan berkunjung ketiga lokasi ini, saya akan mendokumentasikan hal-hal yang saya anggap penting, agar muncul di halaman google. Kamu pasti paham, sekadar untuk melihat gedung kampusnya saja tidak begitu ada dilaman google. Padahal foto-foto fasilitas bangunan akan memberikan kemudahan bagi orang yang ingin melihat kampus tersebut. Setidaknya menambah daya tarik orang yang sedang penasaran.

Bagi siapapun yang membaca tulisan ini, jika ini kampus kalian. Silakan membagikan foto bangunan dan gedung kampus kalian di maps. Cukup masukan nama kampus, nanti akan ada bagian memberikan penilaian bintang dan ulasan. Disitulah kamu dapat membagikan foto-foto fasilitas kampus dan gedung, agar orang lain dapat melihatnya. Oh iya, kamu harus tau, berikut daftar perguruan tinggi di Ogan Komering Ilir.

Daftar Perguruan Tinggi di Ogan Komering Ilir:

1. Universitas Islam Ogan Komering Ilir - Kayuagung
2. STAI As Shiddiqiyah - Lempuing Jaya
3. STIQ An Nur - Lempuing

Sudah tau kan? Kalaupun belum, mari akan dibahas secara singkat satu-persatu dibawah.


Universitas Islam OKI (UNISKI) – Kayuagung

Gedung Univesitas Islam Ogan Komering Ilir atau UNISKI Kayuagung
Tampak gedung perkuliahn UNISKI (Foto: Facebook Uniski Kayuagung).

Universitas Islam Ogan Komering Ilir – Kayuagung atau biasa disingkat menjadi UNISKI Kayuagung. Merupakan salah satu lembaga pendidikan perguruan tinggi swasta yang berada di wilayah Ogan Komering Ilir, tepatnya berada di Celikah, Kayu Agung, Ogan Komering Ilir.

Perihal sejarah terbentuknya cukup panjang. Namun secara singkat, sejak dibentuknya Yayasan Pendidikan Islam Bende Seguguk Kayuagung pada 5 Februari 2007, inilah menjadi cikal-bakal berdirinya Univesitas Islam OKI (UNISKI). Resmi beridiri dengan surat keputusan Nomor 148/D/O/2007 pada tanggal 7 Agustus 2007. Univesitas ini memiliki 4 fakultas dengan 7 program studi, yaitu:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
1. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
2. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
3. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Fakultas Hukum
1. Program Studi Ilmu Hukum

Fakultas Perikanan
1. Program Studi Pengelolaan Sumber Daya Perikanan

Fakultas Teknik
1. Program Studi Teknik Mesin
2. Program Studi Teknik Sipil


Namun cukup disayangkan, akses informasi tentang Kampus UNISKI kurang begitu dapat ditemukan. Ketika saya ingin menuliskan tentang kampus UNISKI, cukup merasa kesulitan mencari data. Hal ini dikarenakan tidak begitu banyak informasi yang dapat saya temukan di website resmi uniski.ac.id

Website Univesitas Islam Ogan Komering Ilir atau UNISKI Kayuagung
Halaman website UNISKI yang masih terdapat template bawaan yang belum diperbaiki. Serta beberapa fitur yang tidak dapat di klik menggunakan gaway. (Doc. Lim Suandi)


Bahkan websitenya masih dalam keadaan baru dan pengembangan. Hal ini terlihat dari beberapa fitur masih sedikit, tidak dapat di klik, serta banyak template bawaan yang belum diperbaiki. Saya berharap agar websitenya dapat terurus dan sudah lengkap informasinya, sehingga membuat orang yang mencari informasi tentang UNISKI lebih dapat terbantu (Saat tulisan ini terbit website masih belum banyak update, beberapa fitur tidak dapat diklik dan masih ada template bawaan yang belum dihapus).

Update informasi pembangunan kampus Uniski di facebook (doc. Lim Suandi).


STAI As-Shiddiqiyah Lempuing Jaya

Suasana saat dilakukannya visitasi pembukaan prodi baru di STAI As-Shiddiqiyah (doc. Facebook STAI As-Shiddiqiyah).
Suasana saat dilakukannya visitasi pembukaan prodi baru di STAI As-Shiddiqiyah (doc. Facebook STAI As-Shiddiqiyah).

Sekolah Tinggi Agama Islam As-Shiddiqiyah atau biasa disingkat STAI As-Shiddiqiyah. Merupakan perguruan tinggi yang berada dalam naungan Yayasan Pondok Pesantren As-Shiddiqiyah Lubuk Seberuk Lempuing Jaya Jl. Lintas Timur KM. 123 Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

Awalnya rencana pendirian STAI As-Shiddiqiyah didasarkan dorongan masyarakat serta banyaknya alumni Madrasah Aliyah (MA) yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi (PT), belum lagi memang perguruan tinggi tidak begitu banyak di wilayah Ogan Komering Ilir.

Sehingga dengan beberapa faktor lainnya, rencana pendirian STAI As-Shiddiqiyah mendapatkan banyak dukungan alumni serta masyarakat. Begitupun dukungan dari Pemerintah Daerah, DPRD, KUA, Kementrian Agama kabupaten dan wilayah. Bahkan juga mendapatkan dukungan mengajar dan bimbingan dari dosen IAIN Raden Fatah Palembang (Sekarang telah menjadi UIN Raden Fatah Palembang).

Akses informasi di website resmi STAI As-Shiddiqiyah (stai-asiq.ac.id). Jujur saya tidak menemukan tanggal pendirian STAI As-Shiddiqiyah pada sejarah pendirian kampus. Meksipun sederhana, saya rasa hal tersebut cukup penting guna menambah informasi bagi pembaca untuk mengetahui kampus STAI As-Shiddiqiyah sendiri (mohon konfirmasi jika ada, akan saya perbaharui tulisan ini). Adapun program studi strata 1 yang terdapat di STAI As-Shiddiqiyah sebagai berikut.

Program studi Strata 1 STAI As-Shiddiqiyah:
1. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
2. Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
3. Program Studi Pendidikan Guru MI
4. Program Studi Bahasa Indonesia
5. Program Studi Ekonomi Syariah
6. Program Studi Bahasa Inggris

Informasi lengkap mengenai biaya pendidikan dan fasilitas kampus STAI As-Shiddiqiyah dapat bertanya langsung ke kontak mereka yang tertera di website resmi STAI As-Shiddiqiyah (www.stai-asiq.ac.id)

STAI As-Shiddiqiyah
Tampak laman website STAI As Shiddiqiyah, terdapat fitur yang tidak dapat diklik bagi pengguna mobile (doc. Lim Suandi)


Oh iya, untuk informasi lainnya dapat dilihat di facebook, hal ini dikarenakan pengelola lebih sering update informasi disana dan sepertinya respon di facebook lebih cepat jika ingin bertanya. Beberapa fitur website tidak dapat di klik menggunakan versi mobile (seperti fitur galeri). Saya harap tampilan mobile berfungsi dengan baik, guna dapat melihat foto-foto kegiatannya serta informasi lainnya.

***Catatan: Jujur saya kaget karena tampilan website sama dengan STIQ An Nur Lempuing.


STIQ An Nur Lempuing

Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur’an (STIQ) An-Nur Lempuing OKI telah dirintis sejak tahun 2012 oleh Yayasan Pondok Pesantren An Nur. Pengajuan izin pendirian diserahkan ke Dirjen Pendidikan Islam setelah melalui banyak proses serta banyaknya dukungan dari berbagai pihak.

Pondok Pesantren An Nur Lempuing
Santri Pondok Pesantren An Nur Lempuing dan tampak gedung Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur’an (STIQ) An-Nur (doc. Facebook Pondok Pesantren An Nur Lempuing).


Alhamdulillah pada 2013, barulah dilaksanakannya visitasi kelayakkan proposal yang telah diajukan. Saat dilakukannya visitasi tersebut, barulah penantian panjang berbuah manis. Karena pada tanggal 03 September 2014, keluarlah Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor: 4917 tahun 2014, tentang persetujuan pendirian Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta. Sehingga berdasarkan surat tersebut, barulah dapat di jalankannya pelbagai kegiatan akademik STIQ An Nur Lempuing.

Adapun program studi di STIQ An Nur baru terdapat satu program studi saja, yaitu:
1. Program Studi Ilmu Al Quran dan Tafsir


Tampilan laman website STIQ An Nur Lempuing (doc. Lim Suandi)
Tampilan laman website STIQ An Nur Lempuing (doc. Lim Suandi).


Hal serupa dengan berguruan tinggi lainnya, akses informasi di website resminya masih terdapat fitur yang belum dapat di klik dengan menggunakan gaway (fitur Galeri). Website resmi STIQ An Nur (stiq-annur.ac.id). Oh iya, sepertinya untuk informasi kegiatan dan lainnya dapat dilihat di facebooknya, hal dikarenakan sepertinya lebih banyak publikasi di facebook.


Kesamaan dari Tiga Perguruan Tinggi di OKI

Mungkin tidak banyak yang menyadari, setidaknya terdapat kesamaan antara UNISKI Kayuagung , STAI As-Shiddiqiyah Lempuing Jaya, dan STIQ An Nur Lempuing. Ketiga perguruan tinggi di Ogan Komering Ilir tersebut memiliki kesamaan dalam hal berikut:

  1. Pusat informasi di website resmi kampus masih terdapat fitur yang kosong dan tidak dapat di klik baik secara mobile. Sehingga memunculkan rasa kekecewaan dan terkesan masih belum siap secara digital.
  2. Sama-sama lebih aktif di sosial media facebook, hal ini sangat bagus. Karena ketika seseorang tidak dapat melihat informasi kegiatan di website resmi, maka seseorang akan mencarinya menggunakan facebook.
  3. Pada situs website dan akun facebook (Resmi) tidak terdapat gedung ataupun bangunan yang menunjukan nama kampus masing-masing. Justru saya menemukan bangunan dan gedung pada unggahan foto orang lain (dosen, mahasiswa).



Kesimpulan

Perguruan Tinggi sangatlah penting keberadaannya. Begitu pula dengan perguruan tinggi yang berada di Ogan Komering Ilir, harus di publikasikan secara digital. Perguruan Tinggi seperti UNISKI Kayuagung , STAI As-Shiddiqiyah Lempuing Jaya, dan STIQ An Nur Lempuing diharapkan dapat menjadi pelopor pendidikan yang dapat di akses dengan mudah oleh masyarakat di Ogan Komering Ilir.

Sehingga dengan informasi digital yang tersedia tersebut dapat membuat masyarakat awam menjadi tau, bahwa di Ogan Komering Ilir memiliki perguruan tinggi.

---------------------------------------------------------------------------------------------------
*Catatan Penting
Jika terdapat kesalahan penulisan nama, program studi, tanggal berdirinya, surat keputusan ataupun lainnya. Harap hubungi saya pada kontak yang tertera di blog. Sehingga dapat segera saya perbaiki, terima kasih.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama