Sabtu, 14 Maret 2020

Review Film The Closet (2020): Pergeseran Pemeran Utama dan Beberapa Simbol Mistis Dikaitkan Dengan Setan

Daftar Isi :


Review Film The Closet (2020) Secara Singkat

The Closet (2020) merupakan film dengan genre horor dari Korea Selatan. Film ini ditulis sekaligus disutradarai oleh Kim Kwang-bin. The Closet (2020) merupakan Film yang mengangkat sosok Sang-won (diperankan Ha Jung-woo) yang mencari keberadaan anaknya Yi-na (Heo Yool) yang hilang secara misterius.

Review Film Closet (2020) - Poster Film the Closet (2020) Film ini ditulis sekaligus disutradarai oleh Kim Kwang-bin.
Poster Film the Closet (2020) Film ini ditulis sekaligus disutradarai oleh Kim Kwang-bin.
Semua keanehan yang terjadi, berawal dari perpindahan mereka kerumah baru. Tujuan Sang-won pindah rumah tersebut karena ingin lebih tenang. Hal tersebut dilakukan juga demi ketenangan anaknya. Perpindahan tersebut dikarenakan keduanya mengalami tekanan psikologis setelah kecelakaan yang terjadi. Kecelakaan yang juga membuat istrinya berpulang untuk selamanya.

Hal-hal aneh mulai terjadi, hingga hilangnya sang anak dirumah tersebut. Sang-won sudah melakukan segala upaya untuk menemukan Yi-na. Namun terasa sangatlah mustahil. Bahkan segala upayanya tersorot media, hingga semakin membuatnya menjadi terpuruk. Semua orang menyalahkan Sang-won yang telah lalai dan menjadi penyebab hilangnya Yi-na. Hingga kabar tersebut terlihat oleh Sang Pembasmih Setan yakni Kyung-hoon (Kim Nam-gil) yang sedang bersantap dan menonton berita.

Proses pencarian Yi-na banyak mengalami permasalahan, ritual-ritual yang hampir mengalami kegagalan, bahkan hampir menyebabkan kematian.


Beberapa Alur Tak Masuk Logika

Saya bukan pengamat Film pada segala sisi, tapi kali ini beberapa alur dari The Closet (2020) cukup membingungkan bagi saya. Bagaimana tidak, saat puluhan menit awal cerita, saya merasa diperlihatkan alur cerita tidak masuk secara logika (bagi saya).

Mungkin siapapun akan sangat menyadari kejanggalannya. Atau mungkin, bagian cerita dipotong karena mengingat durasi. Saya juga tidak begitu mengerti perihal tersebut. Setidaknya terdapat dua alur cerita tidak masuk dilogika saya. Mungkin bagi penonton lain tidak masalah. Ya namanya juga perihal selera.

Review Film Closet (2020) - Poster Film the Closet (2020) Film ini ditulis sekaligus disutradarai oleh Kim Kwang-bin.
Poster Film the Closet (2020) bahasa Indonesia. Film ini ditulis sekaligus disutradarai oleh Kim Kwang-bin.
Pertama, bagian saat mereka menuju rumah dan melewati hutan. Tiba-tiba mobil harus berhenti karena ada kijang yang tertabrak (sepertinya). Alhasil Sang-won keluar untuk melihat apa yang terjadi, bahkan tidak sadar jika Yi-na keluar mobil dan masuk kedalam hutan. Segala upaya dilakukan mencari dan mengejar Yi-na, pada akhirnya mereka bertemu dan sampai dirumah baru mereka setalah mengejar dalam hutan. Kemudian langsung cerita berlanjut naik tangga?

Lah itu mobil ditinggal atau gimana? Barang-barang mereka? Ya memang tidak masalah, tapi bagiku sunggu berasa nanggung banget saat kamu sedang menikmati perjalanan mereka.

Bagian kedua, saya dengan jelas melihat bagian dalam film tersebut. Saat sang hantu mengunjungi ayah yang menjadi penyebab kematiannya. Kok bisa bisanya dia muncul dari lemari lain? Padahalkan lemari yang menjadi pusat dalam film adalah lemari kamar dirumah lama mereka? Apa mungkin dengan mudahnya ia berpindah dari lemari satu ke lemari yang lainnya?

Bagi saya ya terkesan janggal dan kurang bisa nikmati secara logika.


Saya Terlalu Ekspektasi Lebih

Saya berharap bahwa horror di Film The Closet (2020) akan menarik dengan alur yang menegangkan. Nyatanya ekspektasi saya keliru, sepertinya jangan terlalu banyak dalam menonton film. *Pertaturan penting dalam menonton semua jenis film, jangan berekspektasi terlalu tinggi.

Pergeseran Pemeran Utama

Dalam film The Closet (2020), ada beberapa pemeran yang cukup sering saya lihat di berbagai Film. Mulai dari genre drama, criminal, action. Pemeran-pemaran tersebut tampil dengan terbaik dan memukau pada genre tersebut.

Review Film Closet (2020) - Kim Nam-gil dan Ha Jung-woo merupakan pemeran utama The Closet (2020) dan Heo Yool hanya pemeran pendukung.
Kim Nam-gil dan Ha Jung-woo merupakan pemeran utama The Closet (2020) dan Heo Yool hanya pemeran pendukung.
Sepertinya tidak dalam Film The Closet (2020) kali ini, karena beberapa pemeran utama tidak begitu menonjol dan pemeran pendukung hanya muncul dibeberapa menit dan hanya dibeberapa bagian. Seperti Shin Hyun-bin, Park Ji-Ah, Park Sung-woong dan Im Hyeon-seong yang muncul hanya beberapa bagian saja. Ya meskipun pada dasarnya pemeran utamanya film The Closet (2020) adalah Kim Nam-gil dan Ha Jung-woo.

Apa keduanya sudah berperan dengan emosional terbaik dalam film ini? Sepertinya tidak. Karena peran Kim Nam-gil dan Ha Jung-woo tidak sebaik Film aksi, kerajaan dan criminal yang biasa mereka lakoni. Sepertinya film The Scloset (2020) bukanlah genre yang cocok dengan keduanya (Mungkin).


Yi-na (Heo Yool) Pemain Pendukung, Serasa Pemeran Utama

Heo Yool, gadis kecil berusia 10 tahun ini merupakan pemain pendukung yang tidak tercatat sebagai pemeran utama maupun pemeran pendukung dalam film The Closet (2020). Heo Yool sepertinya sosok pendatang baru, dan The Closet (2020) merupakan film perdana yang ia ikuti.
Review Film Closet (2020) - Salah satu adegan Heo Yool dalam film The Closet (2020)
Salah satu adegan Heo Yool dalam film The Closet (2020)
Siapa sangka, peran dari Heo Yool sangatlah penting dan apik dalam mendukung kuatnya film The Closet (2020). Akting yang diperankannya sangat emosional dan memukau. Jujur saya merinding dengan akting yang diperankan Heo Yool sebagai Yi-na. Peran datar, yang menunjukkan kondisi anak yang mengalami tekanan psikologis. Sehingga membuatnya menjadi sosok yang pendiam, murung dan sayu. Kemudian berubah menjadi ceria dan menyenangkan, beberapa menit selanjutnya menjadi sangat menyeramkan dan menakutkan. Bahkan dengan tatapan yang sungguh mengerikan, saya merinding saat menatap matanya.

Jujur Heo Yool berasa menjadi pemeran utama dalam The Closet (2020).


Simbol Mistis dalam Film yang Sering Dihubungkan dengan Setan

Fim The Closet (2020) merupakan film dengan genre horor. Sudah tau dong, kalau di film horor pastilah akan ada banyak properti, benda ataupun berbagai hal yang sering disangkut pautkan dengan hal ghaib, mistis ataupun berhubungan setan dan sejenisnya.
Review Film The Closet (2020)
Salah satu adegan Kim Nam-gil di film The Closet (2020) saat melakukan ritual.

Selama menonton, ada beberapa hal yang secara umum sering dikaitkan dengan dunia mistis. Berikut hal-hal yang sering dihubungkan dengan dunia mistis dalam film The Closet (2020):

1. Burung Gagak
Kemunculan burung gagak sudah terlihat pada puluhan menit diawal film. Dimulai ketika berhentinya mobil ditengah perjalanan ketika ada kijang yang mati. Dimana kijang tersebut tengah dikerumuni oleh burung gagak . oh iya, burung gagak memanglah sering dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat mistis, seperti sering dihubungkan dengan hal yang berbau kematian.

2. Ayam Cemani
Sayapun tidak menyangka, ada bagian yang menunjukan ayam cemani dalam film ini. Oh iya, ayam cemani merupakan ayam yang memiliki segala unsur hitam. Mulai dari dibadannya, mata, bulunya, kaki, lidah, semuanya dengan warna hitam.

Ayam cemani memanglah menjadi hal yang sering dihubungkan dengan hal mistis dan ghoib. Sering digunakan dalam ritual-ritual sebagai wadah pemindahan energi negatif. Bahkan di Indoensia juga demikian.

3. Buku dan Mantra
Kurang lengkap kali, jika film horor tidak ada buku dan mantra. Setidaknya selama menonton berbagai film horor pasti selalu ada buku dan mantra. Baik buku yang berisi album foto yang akan menjadi petunjuk, maupun buku-buku yang berisikan hal mistis seperti rupa iblis, dan lainnya. Kalaupun tidak ada keduanya, pastilah aka nada mantra guna menagkal hal mistris tersebut. Benar bukan? Begitupun dalam film The Closet (2020).

4. Boneka Kumal dan Jerami
Genre horor manapun yang berhubungan dengan anak kecil, pastilah akan selalu menghadirkan sosok boneka kumal. Siapa sangka boneka kumal dan jerami menjadi daya tarik diberbagai cerita difilm horor. Bahkan fungsinya mendukung kesan mistis tersebut. Begitu pula dengan film The Closet (2020) boneka dan jerami juga dimunculkan.

5. Lilin
Lilin sepertinya langganan dalam berbagai film mistis. Saya juga masih belum paham mengapa masuk dalam setiap film. Karena diberbagai film, lilin sering digunakan sebagai benda utama ritual. Jika lilinya sampai mati ataupun tertiup angin, maka akan ada hal berbahaya yang terjadi. Semuanya seperti itu bukan?


Menurut kalian, hal mistis apalagi yang kalian lihat dalam film tersebut? Atau mungkin tidak menarik untuk menonton? Mungkin pandangan kita terhadap film akan berbeda. Semoga tulisan ini bukanlah spoiler ya? Mohon dikoreksi jika mengandung spoiler yang parah. Terima Kasih sudah membaca.
Latest
Next Post

0 Comments: