Rabu, 11 Maret 2020

Alasan dan Pengalaman Pertama Investasi Reksadana di Bareksa

Daftar Isi :



Alasan dan Pengalaman Pertama Investasi Reksadana di Bareksa | Bareksa.com
Tampilan halaman depan website Bareksa

Masa kini, perihal mengatur keuangan menjadi sangat penting. Mengingat ada banyak aplikasi menawarkan berbagai promo gimik, padahal tetap saja mahal jika sering dilakukan. Sehingga membuat perilaku konsumtif semakin menjadi-jadi. Ada orang yang tidak perlu lagi melakukan investasi, karena memiliki pendapatan yang dirasakan cukup untuk tujuh keturunan. Ada pula yang pendapatan kurang dan cukup mencoba untuk melakukan investasi. Bisa saja investasi dalam bentuk apapun. Mulai dari investasi emas, tanah ataupun barang yang dikemudian harganya akan bernilai.

Meksipun pendapatan semakin meningkat dan memiliki banyak duit. Saya rasa tetap saja perlu diimbangi dengan perencanaan keuangan dimasa mendatang. Sebab tidak akan selamanya kamu punya pekerjaan tetap, serta pendapatakan yang besar. Karena kita tidak akan pernah mengetahui, apa yang akan terjadi selanjutnya. Katanya kehidupan dan masa depan adalah misteri.

Oh iya tulisan ini murni saya tulis atas dasar pilihan pribadi, tidak di endorse ataupun sponsor post dari pihak Bareksa. Ini murni saya tulis berdasarkan alasan dan pengalaman saya secara pribadi. Mengingat saat ini perencanaan finansial sangat penting untuk masa depan, meksipun saya tidak punya banyak uang melakukan investasi.

Oh iya, untuk saat ini ada banyak jasa investasi yang bisa kamu mulai ratusan ribu. Bahkan dengan fitur yang semakin dipermudah, semudah berbelanja online. Hal terpenting sebelum memilih layanan, pastikan layanan tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Oh iya, saya sendiri memilih bareksa karena banyak pertimbangan. Mengingat kalau hanya disimpan di ATM akan dipotong biaya bulanan, kalau mau deposito ataupun beli obligasi (saat ada penawaran) ya dana belum mencukupi.

Sehingga dengan bayak alasan, pertimbangan serta membaca berbagai tulisan. Akhirnya saya memilih untuk mendaftar akun di Bareksa (Bisa dilihat disini cara pendaftaran). Berikut alasan memilih menggunakan jasa Bareksa untuk investasi Reksadana.


Tampilan Aplikasi Bareksa Lebih Nyaman

Saya bukan orang yang begitu paham perihal tampilan aplikasi, tapi selama melihat dan memahami fitur Bareksa cukup menarik. Tampilan aplikasi yang terasa nyaman dan enak bagi mata melihatnya. Mungkin karena perpaduan warna hijau dan ungu. Saat awal menggunakan Bareksa, tampilan penuh dengan warna hijau, sedangkan warna ungu hanya sedikit dan hanya simbul seperti bulatan kecil. Namun semakin kesini warna Bareksa semakin bertambah ungu, seiring adanya kerjasama Bareksa dengan OVO (nanti mau ditulis juga susahnya upgrade OVO Premier).

Tampilan halaman depan Bareksa di aplikasi | Bareksa.com
Tampilan halaman depan Bareksa di aplikasi

Berkat tampilan halaman Bareksa yang cantik inilah, membuat saya lebih tertarik untuk berlama-lama melihat dan mencoba fitur yang ada. Bahkan hanya sekadar untuk membaca update beritanya. Tampilan yang sederhana serta fitur simulasi menjadi alasan melakukan pembelian reksadana pertama saya di Bareksa. Meksipun fitur simulasi juga ada pada aplikasi lainnya.


Followers Bareksa di Instagram dan Twitter Lebih Banyak

Sebenarnya hal ini cukup penting bagi saya. Mengingat jika ada banyak pengikut di aplikasi jasa keuangan tersebut cukup menjadi bahan pertimbangan. Ya besar kemungkinan orang yang melakukan investasi disana pasti banyak. Begitupun alasan memilih aplikasi Bareksa.

Oh iya pertama memilih Bareksa dan melihat pengikutnya di berbagai sosmed ya masih tidak begitu banyak. Dimulai saat Bareksa memiliki 26ribu pengikut di Twitter (sekarang saat ini ditulis 31rb pengikut) dan Instagram saat mengikuti 50rb (sekarang saat ditulis 75rb). Mungkin terkesan sepeleh, namun nyatanya ini cukup penting bagi saya selaku pengguna dalam menentukan pilihan.


Sering Adanya Promo dan Cashback di Bareksa

Siapa yang tidak menyukai promo? Setiap orang pasti akan sangat senang dengan adanya promo. Apalagi promo berhubungan dengan investasi. Setidaknya ini menjadi strategi dari Bareksa. Siapapun akan berpikir dua kali, karena kesempatan tidak akan mungkin datang kedua kali. Promo yang dilakukan Bareksa sifatnya terbatas, misalnya nih promo hanya berlaku kepada 100 akun tercepat. Siapapun pasti akan berusaha dengan cepat untuk mendapatkan promo tersebut bukan?

Tampilan postingan promo Bareksa di instagram | Bareksa.com
Tampilan postingan promo Bareksa di instagram 


Di Bareksa sendiri juga terdapat promo yang diberlakukan dalam batas waktu tertentu. Misalnya akan mendapat potongan pembelian selanjutnya jika membeli produk reksadana apa saja dengan jumlah pembelian minimal 1.000.000 rupiah serta tetap dipertahankan sampai jangka waktu yang ditentukan. Ya meskipun pemenang promo akan kembali diundi oleh sistem. Ya tetap saja ya, siapa tau kan bisa beruntung dan mendaptkan promo tersebut. Tidak ada yang salah bukan?


Fitur Terbaru Pembayaran Menggunakan OVO

Saat saya mendaftar akun di Bareksa, metode transfer baru terdapat 1 cara. Namun beberapa minggu kemudian sudah update bahwa Top-up dapat dilakukan menggunakan fiture OVO. Terkejud dong aku tuh? Ada banyak keuntungan transfer menggunakan OVO.

Pertama setiap kali pembelian ataupun TOP-Up tidak dikenakan biaya transaksi alias gratis. Transfer menggunakan OVO akan secara otomatis dicek tanpa harus menggupload bukti transfer, jika transfer menggunakan ATM ataupun mobile-banking wajib upload bukti transfer.

Jika Transfer manual menggunakan ATM atau Mobile-Banking akan di proses 3 hari dijam kerja, kemudian hari ke 3 tersebut barulah bukti pembelian masuk di akun Bareksa. Namun jika menggunakan OVO bisa lebih cepat, bahkan konfirmasi hanya butuh 1x24 jam lebih. Setidaknya sangat membantu dalam sisi kecepatan proses pembelian dan data pembelian lebih cepat masuk ke Portofolio kamu di Bareksa.


Reksadana Pertama Saya di Bareksa

Setelah banyak pertimbangan memilih aplikasi investasi Reksadana. Akhirnya pilihan saya jatuh pada Bareksa. Saya sendiri paham, meskipun investasi yang saya pilih merupakan investasi yang dijalankan oleh Manajer Investasi (MI). Saya pilih investasi yang aman tanpa resiko, serta bisa menggunakan dana tidak begitu besar.

Reksadana pertama saya adalah jenis Reksadana Pasar Uang dengan produk Mega Dana Kas yang dikelola oleh Manajer Investasi Mega Capital Investama dengan suku bunga yang dijanjikan 7,25% pertahun. Pembelian pertama saya dilakukan pada 31 Januari 2020 dan baru selesai di proses 3 Februari 2020 (5 hari atau 3 hari jam kerja). Oh ya perkembangannya akan saya update pada tulisan selanjutnya.

Transaksi pertama saya di Bareksa | Bareksa.com
Transaksi pertama saya di Bareksa


Menurut saya penting banget ini mengatur keuangan untuk masa depan. Meksipun belum memiliki pendapatan ataupun pendapatan masih sedikit. Setidaknya memulainya sedini mungkin, dimulai dengan sedikit demi sedikit.
Previous Post
Next Post

0 Comments: