Membandingkan Kecepatan Verifikasi Tiga Akun Reksadana | Lim Suandi A Man Behind The Scenes

Selasa, 04 Februari 2020

Membandingkan Kecepatan Verifikasi Tiga Akun Reksadana

Daftar Isi :


  1. Apa itu Reksadana
  2. Kenali jenis Reksadana
  3. Ada 3 Reksadana yang Membuat Penasaran
  4. Sudah Siap Mendaftar Reksadana
  5. Pendaftaran Akun di Reksadana Bibit
  6. Pendaftaran Akun di Tanamduit
  7. Pendaftaran Akun di Bareksa
  8. Siapa Paling Cepat Verifikasi Akun?




Apa itu Reksadana

Perihal reksadana sendiri di atur oleh pemerintah yang tertera dalam Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995
Perihal reksadana diatur oleh pemerintah yang tertera dalam Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995.
Pernah mendengar istilah Reksadana? Mungkin tidaklah asing, bahkan terkesan sangatlah familiar. Reksadana sendiri merupakan salah satu instrument inventasi keuangan yang dikelola suatu lembaga, investor menitipkan uang untuk di kelola dengan jangka waktu tertentu hingga memperoleh keuntungan.

Reksadana sendiri ada banyak jenisnya. Berikut tiga aplikasi reksadana yang saya kenal seperti Tanamduit, Bibit dan Bareksa. Jenis reksa dana sendiri terdiri dari terdiri dari pasar uang, obligasi dan saham. (*Jika ada yang lain silakan beritahu di kolom komentar).

Jika belum mengenal reksadana,
mungkin masih takut untuk melakukan investasi keuangan. Pada dasarnya, reksadana merupakan salah satu instrumen investasi keuangan yang mudah dijalankan oleh pemula.

Mengapad mudah? Karena uang yang akan kamu simpan, akan dikelola langsung oleh Manajer Investasi (MI) perusahaan. Guna memperoleh keuntungan, sehingga keuntungan dibagi oleh perusahaan kepada investor yang melakukan penyimpanan. Kamu tidak perlu lagi cek cek dan tranding secara mandiri.

Perihal reksadana sendiri diatur oleh pemerintah yang tertera dalam Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995: "Reksadana adalah wadah yang digunakan guna menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya di investasikan dalam portfolio efek oleh Manajer Investasi (MI)." Sehingga tidak perlu khawatir jika ingin berinvestasi, karena terdata oleh pemerintah dan bersifat resmi.

Kenali Jenis Reksadana

Jika masih belum paham perihal Reksadana, teman-teman dapat melakukan pencarian informasi lebih lengkap yang menjelaskan tentang jenis-jenis Reksadana. Pada dasarnya Reksadana terbagi menjadi lima jenis yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan.

Reksadana pasar uang: merupakan instrumen yang menempatkan uangmu di Deposito, di Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan juga di Obligasi. Untuk Reksadana jenis ini jatuh temponya kurang dari setahun, merupakan yang paling aman dan keuntungan dari investasi juga sedikit.

Kemudian Reksadana campuran, Reksadana pendapatan tetap, Reksadana proteksi dan Reksadana index. Untuk keempat jenis ini pun, saya juga masih belum paham. Karena ini juga kali pertama saya membuka akun di reksadana.


Ada 3 Reksadana yang Membuat Penasaran

Perihal reksadana, sudah lama saya mencari informasinya. Dari tahun 2018 saya mulai penasaran mana yang terbaik, bahkan mencari mana yang lebih aman dan bagus.

Selama mencari informasi, seringkali saya temukan adalah kalimat yang menyatakan bahwa selama terdaftar di Otoritas Jasa Keungan (OJK) jangan takut deh.

Banyak mencari informasi dan membaca pengalaman orang yang membuka akun reksadana. Sehingga saya merasa penasaran dengan reksadana dari Bitit, Tanamduit dan Bareksa.

Reksadana dari Bitit, Tanamduit dan Bareksa. Merupakan tiga Reksadana yang sering banget saya dengar dan paling sering di temukan pada berbagai iklan. Sehingga saya menginstall aplikasinya dari playstore. Disini saya akan menceritakan bagaimana kecepatan verifikasi pendaftaran akun di tiga aplikasi Reksadana tersebut.

*sebelum melakukan pendaftaran, terlebih dahulu siapkan data (foto KTP dan Foto diri dengan cara memegang KTP).
**Pastikan nomor, email yang di gunakan aktif, karena kode verifikasi akan dikirimkan.
***Saya mendaftar semua dengan aplikasi di gaway



Sudah Siap Mendaftar Reksadana

Setelah cukup lama membaca dan mencari informasi berbulan-bulan, bahkan lebih dari setahun membaca artikel tentang investasi Reksadana. Mencari informasi kemungkinan buruk yang terjadi ketika perusahaan mengalami masalah, namun hanyalah menemukan jawaban bagus semua. Setidaknya belum ditemukan penilaian buruk terhadap ketiga Reksadana yang sudah saya sebutkan. Hal ini di karenakan banyak artikel membicarakan keuntungan yang diperoleh jika berinvestasi.

Baiklah disini saya akan membandingkan kecepatan proses verifikasi pendaftaran akun di Bitit, Tanamduit dan Bareksa. Karena proses pendaftaran akun dilakukan dalam waktu yang sama, hanya saja berbeda waktu puluhan menit.



Pendaftaran Akun di Reksadana Bibit

cara pendaftaran Akun di Reksadana Bibit
Tampilan halaman depan aplikasi reksadana Bibit saat mendaftar akun. (doc. Lim Suandi)
Ketika kamu telah selesai mendownload aplikasi Bibit. Langsung saja buka aplikasi, sehingga akan langsung muncul halaman utama yang berisikan bagian Register atau login.

Meskipun kamu belum siap untuk melakukan register. Kamu bisa membaca dengan cara scrool kebawah. Bukan hanya itu saja, kamu dapat menggunakan fitur cek jenis investor apa kamu. Sehingga menjadi pertimbangan kamu memutuskan untuk membuat akun Bibit atau tidak.

Ketika kamu sudah melakukan uji coba, maka akan mendapatkan portfolio. Fortfolio inilah akan menunjukkan jenis Investor apa kamu. Karena terdapat tiga jenis investor pada Bibit, yakni investor konservatif, investor moderat dan investor agresif.

Jika kamu memilih menu register, maka akan muncul pertama kali form yang berisikan informasi tanggal lahir, lanjutkan klik kemudian pertanyaan sudah menikah dengan jumlah tanggungan atau kamu masih single, selanjutnya pertanyaan berapa pendapatan kamu dalam sebulan, total kekayaan, apa yang kamu harapkan dari investasi dan bagaimana jika investasi mengalami penurunan 15% (apa yang akan kamu lakukan).

Selesai semua proses register maka akan muncul hasil bahwa kamu tergolong jenis investor yang yang mana. (*Jika sebelumnya tanpa melakukan uji coba tes jenis investor).

Pilih lanjut register dan disinilah kamu bakal mengisi seluruh data mulai dari nomor HP, email, mencantumkan foto KTP, foto kamu sambil memegang KTP. Ikuti saja instruksi sampai selesai. Kamu akan bertemu pada bagian terakhir yakni mengisi nomor tabungan atau bank mana yang akan kamu gunakan baik untuk transfer atau penarikan uang kamu.

Setelah selesai register, kamu harus menunggu semua proses verifikasi dari Bibit selesai. Waktu hingga proses verifikasi paling cepat 1x24 jam dari kamu mendaftar.

Bagi kamu yang mendaftar bisa gunakan Kode Limsuandi50k agar mendapatkan saldo investasi 50ribu rupiah. Bisa digunakan untuk membeli tambahan saldo investasi.




Pendaftaran Akun di Tanamduit

cara pendaftaran Akun di Reksadana Tanamduit
Tampilan halaman depan aplikasi reksadana Tanamduit saat mendaftar akun. (doc. Lim Suandi)
Sama dengan sebelumnya, kamu harus terlebih dahulu mendownload aplikasi Tanamduit dan melakukan pendaftaran. Setelah kamu membuka aplikasi maka akan langsung diminta untuk memasang sidik jari. Menarik banget, sehingga keamanan juga terjamin dengan adanya fitur sidik jari ini.
Oke lanjut, langsung klik daftar dan isi segala informasi yang di minta. Makanya jangan jauh-jauh dari KTP karena menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Oh iya, simpan dulu foto KTP dan foto Bersama KTP sebelumnya. Biar kamu tidak ribet dua kali.

Ikuti semua proses pendaftaran hingga selesai. Masih sama sebelumnya, kamu harus memasukan foto KTP, foto kamu sambil pegang KTP, serta informasi jenis tabungan yang di gunakan.

Setelah semua selesai, kamu akan menunggu proses verifikasi data oleh Tanamduit. Cukup menunggu waktu 1x24 jam.


Pendaftaran Akun di Bareksa

cara pendaftaran Akun di Reksadana Bareksa
Tampilan halaman depan aplikasi reksadana Bareksa saat mendaftar akun. (doc. Lim Suandi)

Karena saya melakukan pendaftaran akun melalui aplikasi melalui Gaway. Maka teman-teman harus terlebih dahulu mendownload aplikasi Bareksa dan melakukan pendaftaran.

*Pendaftaran juga bisa dilakukan melalui website.

Pada halaman awal aplikasi, kamu bisa langsung klik iklan yang berisi pendaftaran ataupun klik profil dan memilih pendaftaran akun. Isi semua data dengan benar dan teliti.

Ikuti semua proses pendaftaran, semua proses sama seperti sebelumnya. Setelah semua proses selesai makan tunggu saja konfirmasi verifikasi akun dalam waktu 1x24 jam.


Baca Juga: Alasan dan Pengalaman Pertama Investasi Reksadana di Bareksa

Siapa Paling Cepat Verifikasi Akun?

Menunggu selama 1x24 jam hal yang terasa cukup lama. Setelah proses menunggu yang cukup membosankan sambil membaca di semua aplikasi.

Seperti biasa melanjutkan kegiatan seperti biasanya. Pada akhirnya notifikasi pertama dan menunjukan akun telah aktif dari Bibit. Mungkin karena pendaftaran dilakukan lebih awal dari keduanya.

Kemudian di susul oleh Bareksa dengan urutan kedua, padahal mendaftar paling akhiran. Tanamduit paling akhir memberikan verifikasi bahwa akun sudah selesai. Padahal Tanamduit lebih awal mendaftar dari bareksa. Dari keseluruhan proses verifikasi tergolong cepat, hanya membutuhkan waktu 1x24 jam loh. Jika siapa paling cepat ya semua cepat.

Verifikasi pendaftaran akun reksadana bibit, bareksa, tanamduit
kiriman email verifikasi akun reksadana bibit, bareksa dan tanamduit. (doc. Lim Suandi)


Oh iya, untuk selanjutnya perihal reksadana pertama melakukan investasi akan saya update di tulisan selanjutnya. Terima kasih sudah membaca.




Jika tulisannya bermanfaat, bantu bagikan ya kak

3 komentar

  1. Wah infonya komplit. Bermanfaat nih buat para newbie di reksadana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo umek ini baru mau coba-coba Reksadana. Karena nggak harus punya duit banyak untuk mencoba. Sekalian nabung itung-itung.

      Hapus
  2. Saya saja lama blm terverifikasi. .......

    BalasHapus