Masihkah Al jam’iah Ath Thullab Al-Furqon Logo Lama?

Semenjak lulus dari Al-Furqon pada 2015, banyak hal yang kini mulai dirindukan pada masa sekolah. Banyak cerita dan hal-hal terlupakan eh sulit dilupakan, meski hanya hal-hal yang sederhana. Namun kali ini bukan membahas kisah-kisah masa dulu ya, Oom Lim bakal cerita sejarah logo Al jam’iah Ath Thullab Al-Furqon Pampangan pertama kali dibuat.

  • Awal Mula Pengusulan logo
  • Kepengursuan Al jam’iah Ath Thullab Al-Furqon Pampangan sebenarnya sudah berjalan sangat lama. Namun ide untuk pembuatan jaket kepengurusan dan logo baru tercetus pada kepengurusan Haider Ali (asal Talang Daya/Ruat – Pangkalan Lampam). Ide pembuatan logo ini mengingat bahwa Al jam’iah Ath Thullab Al-Furqon membutuhkan logo sebagai simbol dari kepengurusan. barulah pada kepengurusan Sucipto Mangun Kusumu (Srimenang) ada jaketnya.
foto ini diambil ketika kegiatan tahunan Manasik Haji di Al Furqon pada 2013


  • Logo di Gambar Manual
  • Pembuatan logo Al jam’iah Ath Thullab Al-Furqon pada awal kepengurusan dibuat secara manual, dengan cara menggambar dikertas A4. Perlu diketahui pembuatan logo sendiri membutuhkan waktu sekitar 6 hari. Mengingat bahwa logo harus memiliki kesesuaian dengan visi-misi dari Al-Furqon Sendiri.
inilah logo yang digambar dan diwarnai secara manual


  •  Tanpa Mengetahui Makna Lambang
  • Usai logo dibuat, rasa bingung untuk menjelaskan makna yang terdapat pada setiap lambang. Alhasil kertas gambaran tersebut langsung diberikan kepada Pembina Al jam’iah Ath Thullab Al-Furqon pada waktu itu. Yakni ibu Mariani, S.Pd,I (mohon di koreksi apabila ada kesalahan penulisan nama dan gelar). Sehingga pembina-lah yang menjelaskan makna logo pada Mudir (Pimpinan Pesantren) saat itu. bagi yang ingin mengetahui makna logo silakan bertanya kepada ibu Mariani ya.

  • Di Perbaiki Secara Digital
  • Singkat cerita nih, usai logo diterima oleh Mudir. Demi kebaikan bersama, maka logo diolah secara digital dengan cara seadanya. Sebab keahlian edit dan grafis saat itu masih tidak memadai. Bahkan kondisi keahlian grafis sekarang masih sama saja wkwkwkwkwkk. Hasilnya logo kala itu masih buruk, sebab belum paham betul masalah desain. Berikut hasil perbaikan logo secara digital.
logo yang diperbaiki melalui Photoshop

  • Masih Buruk dan Harus di Perbaiki Kedepannya.
  • Logo yang telah diperbaiki masih sangat jauh dari harapan, masih terlihat sangat kasar dan kurang baik. Harapannya sih, ada yang dengan senang hati untuk melakukan perbaikan.

  • Masihkah Dengan Logo Lama?
  • 4 tahun tidak mengetahui kabar, Oom masih penasaran setiap kali lihat anak-anak Al Furqon. Memperhatikan jaket yang mereka pakai, masihkah dengan logo lama yang dahulu? Atau justru telah berganti dengan yang baru? Sebab logo yang dijaket kini seperti tidak berbentuk lagi.


Tujuan dari tulisan ini terbit bukan apa-apa ya. Oom hanya penasaran dengan kondisi logo yang sekarang sepertinya tidak lagi berbentuk. Tulisan ini juga bertujuan untuk memberikan arsip logo yang ternyata tidak dimiliki oleh kepengurusan Al jam’iah Ath Thullab Al-Furqon sekarang. Sehingga dapat dengan mudah ditemukan jika logo di posting kesini. Terima kasih dan mohon dimaklum jika ada salah dalam penulisan dari Oom Lim.

Belum ada Komentar untuk "Masihkah Al jam’iah Ath Thullab Al-Furqon Logo Lama?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel