BAHAYA PROXI WAR BAGI MASYARAKAT MULTI ETNIK DI SUATU NEGARA


Indonesia negara dengan masyarakat multi etnik. Terdiri dari berbagai suku, adat, budaya dan agama. Tidaklah mengherankan apabila dengan keberagaman ini menjadi hal yang sangat unik untuk perbincangkan. Namun terkadang untuk sekarang isu perbedaan etnik mulai menjadi hal yang sangat sensitif untuk dibicarakan dalam kehidupan saat ini.
Banyak orang yang akan menjadi mudah terpancing amarahnya hanya karena permasalahan ini, padahal hal tersebut ada tujuan lain yang ingin dicapai oleh kelompok tertentu.
Etnik merupakan Isu yang sangat cocok dalam kehidupan saat ini. Terlebih dalam masalah proxi war, etnik sering kali digunakan dalam tujuan perebuatan kekuasaan, kursi pemerintahan, sumber daya bahakn status dalam kehidupan. Seringkali kita melihat fenomena ini terjadi dalam kehidupan masyarakat saat ini. Proxi war diartikan sebagai suatu perang yang terjadi ketika lawan menggunakan pihak ketiga sebagai pengganti perang antara dua pihak yang bertikai tersebut. Dalam kondisi seperti ini, proxi war dapat terjadi karena faktor politik, ekonomi, sosial budaya, agama dan hukum.
Pihak yang terlibat dalam proxi war merupakan kelompok yang terorganisasi bahkan memiliki tujuan tertentu. Seperti hal yang sedang terjadi saat ini adalah perang partai politik dalam Pemilu 2018 mendatang. Pemilihan yang akan dilakukan oleh partai politik ini akan memunculkan banyak proxi war dalam dunia perpolitikan. Pihak ketiga yang digunakan dalam melakukan penyerangan dan konflik adalah para pendukung dengan melalui internet.
Internet sering digunakan dalam perang politik, dimana akan banyak tulisan-tulisan yang berusaha untuk mengalahkan pihak lain dalam Pemilu tersebut. Internet yang digunakan menjadi alat yang digunakan untuk memukul secara psikis calon yang lain. Bentuk perang yang akan dilakukan berupa tindak penyebaran informasi buruk individu atau kelompok yang sedang berkampanye. Bisa dalam bentuk tulisan maupun video. Tujuan yang ingin dicari dalam proxi war yang terjadi adalah perebuatan kekuasaan dan sumber ekonomi yang ada dalam pemerintahan.
Sudah banyak penyebaran informasi buruk dalam pemilu. Mulai dari isu keturunan, agama dan masih banyak lagi. Terkadang hal ini sangat mudah untuk tersulut dalam kehidupan masyarakat saat ini. Tidak mengherankan jika kasus masalah etnik menjadi hal yang sering digunakan dalam ajang perpolitikan. Hal ini karena adanya kepentingan dalam merebut kekayaan dan keinginan untuk menguasai Indonesia.
Padahal hal demikian patut untuk dihindari. Karena pada dasarnya Indonesia memiliki potensi sumber daya yang sangat besar. Bahkan dapat lebih unggul dari negara lain. Sehingga dengan kebudayaan, suku, agama dan perbedaan mencolok lainnya perlu untuk disatukan bukan sebagai perpecahan. Sehingga perlunya untuk tetap menjaga kerukunan dan tidak saling memperovokasi terhadap hal-hal yang bersifat negatif.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "BAHAYA PROXI WAR BAGI MASYARAKAT MULTI ETNIK DI SUATU NEGARA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel